Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pemerintah RI Mengaku Gagal dan Pasrah Atasi Peretas PDN

Pemerintah RI Mengaku Gagal dan Pasrah Atasi Peretas PDN
Foto : Hacker peretas serfer

Jakarta, mataberita.net- Pemerintah Indonesia mengaku gagal dan pasrah mengatasi serangan peretas alias hacker siber dengan “Ransomware” yang menimpa Pusat Data Nasional (PDN).

Peretasan PDN terjadi pada Kamis 20 Juni 2024. Serangan tersebut berakibat ke sejumlah layanan di 282 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Pasalnya data berharga di PDN dikunci oleh peretas.

Pihak pengelola PDN; Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Telkom dan juga Polri telah berupaya mengembalikan data data yang sudah di retas. Namun tidak berhasil melawan serangan ransomware dari peretas tersebut. Dan pemerintah gagal memulihkan data-data yang tersimpan di PDN.

Baca Juga :

Pejabat Pemerintah Manfaatkan E-Katalog untuk Korupsi 

“Kita berupaya keras melakukan recovery resource yang kita miliki. Yang jelas data yang sudah kena ransomware sudah tidak bisa kita recovery. Jadi sekarang menggunakan sumber daya yang masih kita miliki,” sebut Direktur Network dan IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Rabu (26/6).

Herlan mengklaim data-data yang terenkripsi itu masih berada di dalam server PDN dan tidak berpindah ke lokasi lain. Data-data milik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah tersebut tidak akan bocor atau tersebar luas.

“Audit sementara yang dilakukan BSSN, data itu hanya di-encrypt, terenkripsi tapi di tempat. Dan sekarang sistem PDN sudah kita isolasi, tidak ada yang bisa mengakses, kita putus akses dari luar,” penjelasan Herlan.

Leave a Reply