Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Menko PMK Umumkan Angka Kemiskinan Ekstrim di Indonesia Sebesar 0,83 Persen Maret 2024

Foto : Menko PMK Umumkan Angka Kemiskinan Ekstrim di Indonesia Sebesar 0,83 Persen Maret 2024

Jakarta, mataberita.net — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia per Maret tahun 2024 sebesar 0,83 persen.

Ia mengatakan angka ini turun sebesar 0,29 persen jika dibandingkan dengan data Maret 2023 yang mencatat penduduk miskin ekstrem berjumlah 1,12 persen.

“Kondisi kemiskinan ekstrem di Indonesia juga terus mengalami penurunan. Persentase penduduk miskin ekstrem Indonesia pada Maret 2024 sebesar 0,83 persen, berhasil turun 0,29 persen poin terhadap Maret 2023 sebesar 1,12 persen,” tutur Muhadjir dalam konferensi pers di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada Rabu (03/072024).

Namun, Muhadjir kurang gembira dengan hasil ini. Ia membandingkan persentase penurunan kemiskinan ekstrem Maret 2022 ke Maret 2023. Saat itu, penurunan tercatat sebesar 0,90 persen.

BACA JUGA : Insiden Kebakaran Gudang Tewaskan Satu Keluarga

Ia menyatakan pemerintah akan mengkaji lagi lebih detail penyebab penurunan kemiskinan ekstrem melambat per awal 2024 ini.

“Dulu lebih tinggi penurunan kemiskinan ekstrem ketimbang kemiskinan. Sekarang kebalik. Angka kemiskinan lumayan [turunnya]. Ini nanti kita kaji lagi lebih detail kenapa penurunan kemiskinan ekstrem kita melambat ini,” ucap dia.

Selain itu, Muhadjir mengatakan angka kemiskinan Indonesia per Maret 2024 mengalami penurunan jadi 9,03 persen. Angka ini turun 0,33 persen ketimbang Maret 2023 yang tercatat sebesar 9,36 persen.

“Tetapi masih bertengger di angka 9. Mudah-mudahan 5 bulan ke depan itu nanti hasil survei September ya, September ke depan itu bisa sudah di angka 8 koma,” kata dia.

Muhadjir menjelaskan capaian penurunan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem ini bukti komitmen pemerintah. Dia menyampaikan pemerintah terus berupaya mengejar target penurunan angka kemiskinan hingga di angka 7,5 persen dan angka kemiskinan ekstrem di angka 0 persen di tahun 2024.

Dia menuturkan berbagai upaya dan intervensi akan terus diperkuat dan dipercepat pemerintah di sisa masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Intervensinya dari tiga strategi, yaitu menekan angka pengeluaran keluarga miskin, menaikkan pendapatan melalui program pemberdayaan, dan kita juga mengoptimalkan penanganan kantong kemiskinan,” pungkasnya.

Leave a Reply