Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pemkot Pekalongan – Unicef Genjot 3 Program Pemenuhan Hak Anak

Foto : Pemkot Pekalongan - Unicef Genjot 3 Program Pemenuhan Hak Anak

Pekalongan, mataberita.net — Upaya pemenuhan hak anak butuh komitmen kuat, tidak hanya dari orang tua. Namun seluruh unsur Pemerintah dan masyarakat. Hak anak yang terpenuhi secara optimal diharapkan dapat memperbaiki dan menciptakan generasi penerus bangsa yang lebih baik di masa yang akan datang. Mendukung hal tersebut, United Nations Children’s Fund (UNICEF) memilih Kota Pekalongan menjadi salah satu dari sedikit mitranya untuk melaksanakan kegiatan promosi yang terintegrasi untuk hak anak.

Penunjukkan ini didasari atas kuatnya dukungan Pemerintah setempat dalam pemenuhan hak anak. Bersama Unicef dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kota Pekalongan ingin memastikan. Bahwa hak anak terpenuhi. Diantaranya hak pendidikan pengentasan anak tidak sekolah yang mana berdasarkan laporan data ada 1700an anak yang tidak sekolah. Hak perlindungan memastikan mereka terlindungi dari kekerasan anak terutama berbasis gender. Salah satunya lewat program Online Child Sexual Exploitation and Abuse baik melalui daring ataupun tindakan langsung.

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

“Kemudian hak kesehatan dimana imunisasi di Kota Pekalongan baru-baru seperti pneumonia, diare sudah digalakkan dan dipromosikan selain itu juga manajemen kesehatan menstruasi. Sehingga mereka menghadapi haid pertama dengan bersih sehat gembira,” ujar Arie Rukmantara selaku Kepala Kantor Unicef Perwakilan Indonesia untuk Wilayah Jawa pada Senin (24/06/2024). Dia lalu menuturkan. Biasanya pada satu kabupaten/kota hanya menerima 1 program Unicef.

Namun, sambung Arie, karena supporting Pemerintah Kota Pekalongan sangat kuat, maka 3 program hak anak dilakukan di daerah tersebut. Program ini sudah berjalan beberapa tahun yang lalu namun sejak tahun 2023 telah dikonvergensi semua bagian atau sektor untuk bekerja secara utuh. Dia ingin Kota Pekalongan dijadikan contoh sebuah daerah yang notabene menyiapkan diri menjadi kota yang ramah, nyaman dan aman bagi anak. Itu mengingat pada ratusan tahun yang lalu Kota Pekalongan bukanlah sebuah kota.

Foto : Pemkot Pekalongan – Unicef Genjot 3 Program Pemenuhan Hak Anak

Oleh sebab itu, Unicef memprediksikan kedepan akan ada kota yang terbentuk dan tumbuh baru. Sehingga daerah tersebut dapat belajar dari Kota Pekalongan bagaimana menyiapkan diri menjadi kota yang ramah anak. Sehingga Sumber Daya Manusia akan terlindungi, sehat dan lebih menikmati pelayanan pendidikan. Sebab kota dianggap lebih berkembang ekonomi dan infrastrukturnya. “Kami berharap. Kualitas pembangunan manusia terutama anak-anak di Kota Pekalongan menjadi contoh bagi kota baru lainnya di Indonesia,” kata Arie.

Foto : Pemkot Pekalongan – Unicef Genjot 3 Program Pemenuhan Hak Anak

“Targetnya semua anak masuk sekolah, semua anak diimunisasi, semua anak terbebas dari kekerasan. Kita targetkan sampai tahun 2030 lalu kami laporkan di New York bahwa kota Pekalongan yang berhasil dapat mencapai Sustainable Development Goals atau SDGs,” tandas Arie. Lebih lanjut, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Pemenuhan Hak Anak, Perlindungan Perempuan dan Anak, DPMPPA Wahyu Wulandari menjelaskan. Pemenuhan hak anak ini tentunya perlu dukungan dari forum anak.

Foto : Pemkot Pekalongan – Unicef Genjot 3 Program Pemenuhan Hak Anak

Sebab anak merupakan media komunikasi organisasi anak yang mampu menjembatani pemenuhan hak anak. “Forum anak punya tugas sebagai Pelopor dan Pelapor atau 2P. Kemudian untuk Program Unicef ada 3 yaitu perlindungan anak, kesehatan dan pendidikan terkait angka tidak sekolah atau ATS,  di tengah banyaknya terpaan kasus tidak baik yang dihadapi anak, minimal forum anak menjadi contoh. Paling tidak dimulai dari dirinya sendiri. Kalau ada ATS jangan sampai mereka ikut-ikutan putus sekolah atau jangan sampai menjadi pelaku tindak kriminal,” kata Wahyu.

Foto : Pemkot Pekalongan – Unicef Genjot 3 Program Pemenuhan Hak Anak

“Syukur-syukur mereka dapat memberikan support korban karena kami sudah membekali sedikit bagaimana menjadi konselor sebaya. Semoga semua terkait hak anak khususnya di Kota Pekalongan bisa terpenuhi dengan kolaborasi dengan seluruh pihak yang ada,” tukas Wahyu.

Leave a Reply