Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Tim SAR Gabungan Belum Berhasil Temukan Anak Buah Kapal KM Soneta Tenggelam

Foto : Tim SAR Gabungan Belum Berhasil Temukan Anak Buah Kapal KM Soneta Tenggelam

Jakarta, mataberita.net — Tim SAR gabungan belum berhasil menemukan enam orang anak buah kapal (ABK) KM Soneta yang dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Budiono, mengatakan pencarian yang dilakukan tim sampai saat ini belum membuahkan hasil. Enam ABK yang masih dicari yakni, Muntari, Tamuri, Salam, Jaidi, Samani, dan Damuri.

Budiono, mengutip laporan Antara, mengatakan bahwa “pencarian dilakukan pada radius 6 mil dari lokasi awal kapal dilaporkan tenggelam.”

Menurutnya dari 16 ABK KM Soneta yang berlayar, 10 di antaranya selamat setelah dievakuasi oleh kapal lain yang kebetulan melintas. Sementara, enam orang lainnya masih hilang dan dalam pencarian.

KM Soneta berangkat melaut pada 6 Juli 2024 untuk mencari ikan di perairan utara Pulau Jawa. Tetapi, pada Selasa (09/07/2024), kapal tersebut dilaporkan tenggelam karena diduga mengalami kebocoran.

“Ketinggian ombak saat kejadian sekitar 2,5 meter dengan angin kencang dan arus deras,” ujar dia.

BACA JUGA : Pengusaha Jusuf Hamka Temui Menko Polhukam Mahfud, Bahas Soal Utang

Menurut Budiono 10 orang ABK yang selamat bertahan tiga hari di lautan dengan memanfaatkan barang-barang yang bisa mengapung, termasuk jeriken. Mereka mulai mengambil barang-barang tersebut setelah mengetahui kebocoran

“Mengetahui hal tersebut membuat seluruh ABK panik dan berusahan menyelamatkan diri dengan mengambil barang mudah mengapung seperti jeriken dan lainnya dan terjun ke laut,” ucap Budiono.

“Tak lama sekira 30 menit akhirnya KM Soneta benar-benar telah tenggelam. Para ABK tersebut sempat berusahan tetap bersama selama mengapung, namun akhirnya di hari ketiga beberapa dari mereka terpisah akibat gelombang yang cukup besar,” tambahnya.

Setelah terombang-ambing selama tiga hari, tiga malam, akhirnya pada Kamis pagi enam ABK berhasil ditemukan dan diselamatkan kapal nelayan KM Bintang Barokah yang kebetulan melintas dan hendak pulang ke Tegal.

Saat KM Bintang Barokah melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tegal, mereka mendapat informasi bahwa Kapal Jaring asal Indramayu menemukan tiga ABK terapung di laut. Melalui radio juga KM Bintang Barokah mendapat informasi jik ada salah satu ABK KM Soneta yang diselamatkan kapal penangkap cumi asal Jakarta.

“Sehingga diketahui ABK yang selamat berjumlah 10 orang,” pungkas dia.

Leave a Reply