Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Sri Mulyani Sebut Pelantikan Thomas Sebagai Wamenkeu II Tepat Dengan Proses Penyusunan RAPBN 2025

Foto : Sri Mulyani Sebut Pelantikan Thomas Sebagai Wamenkeu II Tepat Dengan Proses Penyusunan RAPBN 2025

Jakarta, mataberita.net — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pelantikan Thomas Djiwandono sebagai wakil menteri keuangan (wamenkeu) II bertepatan dengan proses penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025.

“Pelantikan ini kalau dari sisi waktu, timing, bertepatan dengan proses kita di Kementerian Keuangan sedang menyusun rancangan pendapatan dan belanja negara atau RAPBN tahun 2025,” ungkap Bendahara Negara dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/07/2024).

Wanita yang akrab disapa Ani itu menjelaskan kementeriannya adalah institusi yang unik karena bertugas dan bertanggung jawab untuk menyusun APBN serta rancangan undang-undang (RUU) untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dibahas dengan DPR.

Di samping itu, Ani menegaskan RAPBN 2025 nantikan akan dijalankan oleh pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Oleh karena itu, di dalam mengemban tugas tanggung jawab tersebut, kami Kementerian Keuangan memang harus berkoordinasi, berkomunikasi, terus melakukan kolaborasi, terutama dengan Presiden Terpilih dan timnya yang beliau tunjuk,” tambahnya lebih lanjut.

Ia mengatakan penyusunan RAPBN 2025 sudah dimulai dengan pembahasan pokok-pokok kebijakan fiskal (PPKF) dan kebijakan ekonomi makro (KEM) menjadi KEM-PPKF.

Ani menambahkan pembahasan itu pun sudah disimpulkan bersama Komisi XI DPR RI dan Badan Anggaran, termasuk di dalamnya pembahasan mengenai asumsi dasar makro yang akan dipakai sebagai landasan perhitungan dan penyusunan RAPBN 2025.

“Kami terus berkoordinasi dalam proses siklus RAPBN-nya dalam hal ini, tentu saja membahas, mendiskusikan, dan kemudian mengambil kesimpulan dengan DPR, dan pada saat yang sama berkomunikasi, berkoordinasi dengan tim Presiden Terpilih di dalam rangka penyusunan RAPBN 2025 tersebut beserta nota keuangannya,” ujar dia.

“Ini tujuannya adalah agar RAPBN 2025 mencerminkan dan sekaligus sinkron dengan prioritas kebijakan dari Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih,” kata Ani.

BACA JUGA : P2G Terima Aduan Dari 466 Guru Honorer Yang Tidak di Beri Jam Mengajar

Dia juga mengatakan Thomas bakal bekerja sama dengan Wamenkeu II Suahasil Nazara dan seluruh pejabat eselon I Kemenkeu untuk menjalankan tugas mengelola keuangan negara dan menggunakan instrumen keuangan negara untuk merespons dinamika perekonomian global dan nasional yang terus meningkat.

“Sebagai Wakil Menteri Keuangan II, Mas Tommy dalam hal ini akan semakin memperkuat kami di Kementerian Keuangan dan di dalam berkoordinasi dengan tim proses transisi ini, di dalam proses transisi pemerintahan ini,” ucap dia.

Dengan demikian, Ani berharap proses transisi akan berjalan secara lancar dan menjaga keberlanjutan dari pengelolaan keuangan negara berdasarkan tata kelola yang akuntabel, disiplin dan kredibel.

Ia pun menyebut sudah berkoordinasi dengan Tommy sejak tiga bulan terakhir.

“Kami Kementerian Keuangan semuanya tentu sekali lagi menyampaikan selamat dan selamat datang. Dan sekaligus juga akan bersama-sama menjaga instrumen fiskal ini keuangan negara agar terus menjadi instrumen yang mampu menjawab tantangan, tantangan zaman hari ini dan ke depan, dan terus menjadi instrumen yang bisa diandalkan di dalam mencapai tujuan kita bernegara,” imbuhnya.

Thomas Djiwandono alias Tommy resmi dilantik menjadi wamenkeu II oleh Jokowi pada Kamis (18/07/2024). Ia resmi mengisi posisi wamenkeu II berpasangan dengan Suahasil untuk mendampingi Sri Mulyani.

Adapun Thomas merupakan keponakan Prabowo yang menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Gerindra sejak 2014. Ia kemudian diperkenalkan sebagai anggota gugus tugas yang membidangi ekonomi dan keuangan.

Leave a Reply