Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Sri Mulyani Indrawati Beberkan Fakta Angka Pengangguran Berhasil di Turunkan Dalam Tiga Tahun Terakhir

Foto : Sri Mulyani Indrawati Beberkan Fakta Angka Pengangguran Berhasil di Turunkan Dalam Tiga Tahun Terakhir

Jakarta, mataberita.net — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan fakta angka pengangguran berhasil diturunkan dalam tiga tahun terakhir.

Pernyataan itu diungkapkan di tengah pasar kerja di dalam negeri dihantam isu badan pemutusan hubungan kerja (PHK) belakangan ini.

Sri Mulyani mengungkap salah satu cara untuk menjaga konsumsi rumah tangga, yang menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia, adalah dengan membuka kesempatan kerja dan serapan tenaga kerja.

“Untuk itu, selama periode 2015-2024, 21,3 tenaga kerja tercipta dan untuk periode 2022-2024 sendiri separuhnya. Itu berarti terjadi acceleration, akselerasi job creation (pembukaan lapangan kerja),” kata wanita yang akrab disapa Ani itu dalam konferensi pers RAPBN 2025, pada Jumat (16/08/2024).

Ia mengklaim rata-rata penambahan tenaga kerja per tahun mencapai 2,1 juta orang pada periode 2015-2024. Khusus untuk tiga tahun terakhir, rata-rata pertambahan tenaga kerja baru per tahun bahkan naik menjadi 3,7 juta orang.

“Hal ini menimbulkan unemployment-nya menjadi menurun dari 6,26 persen, meningkat, terjadinya covid semua ekonomi berhenti, dan sekarang sudah di bawah 5 persen yaitu 4,82 persen,” ujar Bendahara Negara itu.

Sebagai informasi pada 2015, jumlah penduduk Indonesia terdata sebanyak 255,6 juta jiwa dengan angkatan kerja sebanyak 128,3 juta orang dan jumlah yang terserap atau bekerja sebanyak 120,9 juta orang.

Sementara pada 2024, jumlah penduduk Indonesia terdata sebanyak 281,6 juta jiwa dengan angkatan kerja sebanyak 149,38 juta orang dan jumlah penduduk bekerja sebanyak 142,18 juta orang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap tingkat pengangguran terbuka (TPT) dapat ditekan ke level 4,5 persen-5 persen pada 2025. Hal itu diumumkan saat melakukan Pidato Nota Keuangan di Gedung DPR, Jakarta.

BACA JUGA : Otoritas Jasa Keuangan Izinkan Influencer Promosikan Kripto

Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2024 mencatat masih ada 7,2 juta pengangguran di Indonesia. Meski masih tinggi, namun jumlahnya turun 790 ribu orang dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

PLT Kepala BPS Amalia Widyasanti mengatakan angka pengangguran masih tinggi karena jumlah angkatan kerja yang muncul tak semuanya terserap atau mendapatkan pekerjaan.

Leave a Reply