Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Rincian Biaya Upacara di Ibu Kota Negara

Foto : IKN

Jakarta, mataberita.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 dilaksanakan di dua tempat, yakni Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Jakarta. Akibatnya, terjadi lonjakan anggaran karena biasanya upacara dilakukan di Jakarta saja. Cukup funtastis perkiraan biaya yang dihabiskan tersebut. Akan tetapi Menteri Sekretaris Negara Pratikno enggan membeberkan jumlah maupun pembengkakan biaya yang dihabiskan untuk upacara tersebut. Namun, dia mengakui anggaran tahun ini lebih besar dari 2023 karena dilaksanakan di dua tempat.

“Ya karena upacara sekarang itu kan diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya tetapi nggak signifikan,” kata Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, pada Selasa (06/08/2024). Pembengkakan biaya ini sangat wajar, karena pemerintah menyediakan berbagai fasilitas seperti kendaraan dan penginapan untuk para tamu undangan, mungkin termasuk tiket pesawat.

Pemerintah sampai saat ini belum merinci kebutuhan tambahan anggaran untuk pelaksanaan upacara HUT RI di IKN. Karenanya, mataberita.net pun mencoba simulasi perhitungan berdasarkan data yang sudah beredar. Seperti kemungkinan jumlah tamu, harga sewa mobil, hingga tarif tiket PP (Jakarta-Kalimantan Timur) dan hotel.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kaltim Damun Kiswanto mengatakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah memesan 100 unit mobil untuk memenuhi kebutuhan pergerakan tamu negara dan very very important person (VVIP). “Kami dan Kemensetneg tanda tangani nota kesepahaman pengadaan 100 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan,” ujarnya pada Selasa (06/08/2024).

Menurut Damun, saat ini tarif mobil yang disewakan sekitar Rp5 juta per hari untuk jenis Fortuner, naik dari sebelumnya Rp 2,5 juta per hari. Lalu, mobil jenis Alphard dikenakan biaya Rp 25 juta per hari. Dengan asumsi yang disebutkan Damun tadi, maka anggaran untuk kendaraan saja mencapai Rp1,5 miliar dengan rincian:

– 50 orang dapat Fortuner x Rp5 juta = Rp250 juta

– 50 orang dapat Alphard x Rp25 juta = Rp1,25 miliar

Pemilik salah satu penginapan berada di Kecamatan Sepaku, Erwin mengatakan. Kenaikan tarif sewa kamar hotel serta penginapan berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp 200 ribu per kamar dari harga sebelumnya. “Kami biasanya sewakan kamar Rp300 ribu per malam, awal Juli 2024 makin banyak yang pesan kamar dan harga sewa naik jadi Rp400 ribu per kamar,” ujarnya. Sementara itu Endah selaku Pengelola salah satu hotel di Kecamatan Sepaku mengatakan tarif kamar di tempat yang dikelolanya naik dari Rp350 ribu menjadi Rp550 ribu per malam jelang HUT RI.

BACA JUGA : Yukz Tanya : Aplikasi Poligami dalam Poligini dan Poliandri Lagi Ngetren, Dibenarkan?

Dengan asumsi 1.000 tamu dan per orang dapat kamar, maka kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk penginapan atau tempat istirahat tamu undangan adalah Rp475 juta dengan rincian:

– 500 orang dapat kamar Rp 400 ribu per malam Rp 200 juta

– 500 orang dapat kamar Rp 550 ribu per malam Rp 275 juta

Berdasarkan penelusuran di aplikasi Online Travel Agent (OTA), harga tiket pesawat sekali jalan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan sekitar Rp1.685.000 hingga Rp2.142.000 per orang. Artinya, untuk tiket pulang-pergi (PP), maka dibutuhkan dana sebesar Rp3,2 juta – Rp4,2 juta per orang. Dengan asumsi 1.000 orang tamu, maka besaran biaya yang diperlukan Rp3,7 miliar dengan rincian:

– 500 orang dengan penerbangan termurah Rp3,2 juta = Rp1,6 miliar

– 500 orang dengan penerbangan termahal Rp4,2 juta = Rp2,1 miliar.

Dengan perhitungan itu, maka kemungkinan total anggaran tambahan yang diperlukan berdasarkan asumsi-asumsi di atas adalah sebesar Rp 19,175 miliar. Rinciannya:

Biaya sewa kendaraan = Rp15 miliar

Biaya sewa penginapan = Rp475 juta

Biaya penerbangan = Rp3,7 miliar.

Namun, biaya tersebut hanya asumsi untuk kemungkinan tambahan anggaran pelaksanaan upacara HUT RI di IKN. Itu pun hanya menghitung pengeluaran berdasarkan jumlah tamu undangan, akomodasi dan belum mencakup panitia hingga petugas upacara. Asumsi ini belum menghitung biaya konsumsi, dekorasi, uang saku atau perjalanan dinas, serta membayar bintang tamu untuk acara hiburan yang biasanya ada selepas upacara kemerdekaan. Perkiraan biaya ini juga belum menghitung anggaran yang dikeluarkan untuk pelaksanaan HUT RI ke-79 di Jakarta.

Leave a Reply