Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Putera Daerah Suripto Hadirkan Inovasi Mesin Batik Otomatis

Foto : Putera Daerah Suripto Hadirkan Inovasi Mesin Batik Otomatis

Pekalongan, mataberita.net — Inovasi di Kota Pekalongan memang tak ada hentinya. Salah seorang putera daerah bernama Suripto menghadirkan inovasi mesin batik. Mesin pembatik otomatis buatannya ini hanya dioperasikan melalui laptop. Ya rupanya dia merupakan seorang warga asal Kelurahan Pringrejo. Dia membuat inovasi mesin pembatik otomatis dengan pembuatan sketsa corak batik melalui aplikasi grafis di perangkat komputer. Yang mana kemudian mesin itu membatik dari sketsa desain di atas selembar kain putih yang disiapkan.

Foto : Putera Daerah Suripto Hadirkan Inovasi Mesin Batik Otomatis

“Biasanya untuk desain yang sangat rumit dengan mesin ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 15 jam misal mulai pukul 8 pagi selsai 11 malam,” terang Suripto saat ditemui di ruang produksinya Galeri Lana Putra, pada Kamis (28/03/2024).  Disebutkan lagi, waktu ini lebih cepat dibanding membuat skesta secara manual yang membutuhkan waktu berhari-hari sampai dengan satu minggu. “Selain itu dengan menggunakan mesin ini dalam mengaplikasikan malam pada kain tentu lebih efisien tidak ada malam yang terbuang percuma,” jelasnya.

Foto : Putera Daerah Suripto Hadirkan Inovasi Mesin Batik Otomatis

Inovasi Suripto ini telah dirangkul Posyantek Kelurahan Pringrejo dan menjadi juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota. Saat ini juga sedang dilombakan di tingkat Provinsi. Sebetulnya inovasi Suripto ini sudah ada empat tahun ini dan baru diketahui banyak orang baru-baru ini. Mesin pembatik otomatis yang memiliki kelebihan dalam memberikan presisi detail ini Suripto jual dengan harga Rp35 juta dengan ukuran kain 260×115 cm.

BACA JUGA : Duka Terpahit Dilewati Kris, Tolak Ukur Sukses Berbeda – Beda

Leave a Reply