Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Presiden Jokowi Sebut Negara Asing Sudah Kecanduan Dengan Kekayaan Alam Indonesia

Foto : Presiden Jokowi Sebut Negara Asing Sudah Kecanduan Dengan Kekayaan Alam Indonesia

Jakarta, mataberita.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara asing sudah kecanduan dengan kekayaan alam Indonesia.

Hal itu ia sampaikan saat meresmikan injeksi bauksit perdana dari Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Selasa (24/09/2024).

“Kita yang memiliki sumber daya alam, ekspor hanya bahan mentah tidak bisa berkembang menjadi negara maju. Dan negara-negara maju betul-betul sudah kecanduan terhadap impor bahan-bahan mentah kita,” tutur Jokowi.

Karena kecanduan itu, mereka berupaya sekuat tenaga untuk terus mengeruk kekayaan Indonesia. Termasuk menghalangi upaya pemerintah Indonesia memanfaatkan kekayaan alam untuk memajukan ekonomi dalam negeri sendiri melalui hilirisasi.

BACA JUGA : Menkeu Sri Mulyani Sebut Terlalu Banyak Regulasi Yang Ada di Indonesia

“Sehingga saat kita ingin hilirisasi, pasti diganggu, pasti mereka tidak rela, pasti mereka tidak mau,” ucap dia.

Meski diganggu,Jokowi mengatakan pemerintah Indonesia tak akan mundur.  Jokowi tak mau lagi mengulangi kebiasaan ekspor bahan mentah yang sudah dilakukan Indonesia sejak jaman VOC pada 400 tahun lalu.

Ia ingin Indonesia menjadi negara maju dengan kekayaan yang dimilikinya. Ia tak ingin sumber daya alam Indonesia yang melimpah justru malah banyak dinikmati negara maju.

Jokowi mengklaim upaya hilirisasi yang dilakukan pemerintah Indonesia selama ini sudah membuahkan hasil. Keberhasilan tak lepas dari  kondisi geopolitik global dan pandemi virus corona (covid-19) hingga resesi ekonomi global yang melanda dunia beberapa tahun belakangan kemarin.

Masalah itu telah membuat tekad Indonesia dalam menggenjot hilirisasi makin kuat.

“Nah inilah kesempatan kita untuk membangun industri, untuk membangun smelter dari mineral-mineral yang kita miliki, dan tidak ada yang mengganggu,” imbuhnya.

Leave a Reply