Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pertamina Umumkan Kerja Sama Dengan JICA, Guna Jajaki Potensi Kolaborasi Terkait Transisi Energi

Foto : Pertamina Umumkan Kerja Sama Dengan JICA, Guna Jajaki Potensi Kolaborasi Terkait Transisi Energi

Jakarta, mataberita.net — PT Pertamina (Persero) mengumumkan kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) melalui Letter of Intent (LOI) yang disepakati pada ajang Asia Zero Emission Community (AZEC) Ministerial Meeting 2024 di Jakarta, guna menjajaki potensi kolaborasi terkait transisi energi.

Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini menyampaikan, energi berkelanjutan dan energi yang efisien akan semakin dibutuhkan, sejalan dengan komitmen pemerintah mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kapasitas energi terbarukan. Untuk itu, Pertamina dan JICA akan mengadakan inovasi dan kerja sama pada sejumlah aspek.

Emma mengatakan, Pertamina memiliki dua strategi inisiatif yang bertujuan mencapai target Net Zero Emission (NZE), yakni dekarbonisasi dan bisnis rendah karbon.

BACA JUGA : Kementerian ESDM Berencana Hentikan Operasional Sejumlah PLTU

“Untuk mencapai tujuan ini, Pertamina memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk JICA yang akan mempercepat pengembangan kemampuan kami, serta transfer pengetahuan dan teknologi. Penandatanganan ini menandai tonggak pertama dalam kolaborasi antara Pertamina dan JICA, dan saya berharap ini akan terus memperkuat kemitraan antara Indonesia dan Jepang di masa depan,” tutur Emma.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, kolaborasi Pertamina dengan JICA merupakan langkah penting menuju keberlanjutan.

“Melalui inisiatif bersama dan berbagi keahlian, kami berkomitmen untuk mendorong transisi energi terbarukan dan meningkatkan efisiensi Pertamina,” kata Fadjar.

Sementara, Chief Representative of JICA, Takeda Sachiko menyatakan, JICA mendukung transisi energi di negara-negara Asia berdasarkan AZEC.

“Kami sangat senang telah membangun hubungan kerja sama dengan Pertamina, yang diharapkan dapat memiliki peran penting di Indonesia untuk mencapai target dekarbonisasi,” imbuh Takeda.

Melalui kolaborasi yang memainkan peran penting dalam transisi energi ini, Pertamina dan JICA akan berkontribusi pada target NZE Indonesia pada 2060. Sinergi ini diharapkan membuka jalan untuk beragam inisiatif bersama, mendorong transisi menuju energi terbarukan, dan meningkatkan efisiensi keseluruhan proyek energi.

Potensi kolaborasi yang akan dijajaki, antara lain termasuk pendanaan proyek transisi dan energi terbarukan, dukungan penelitian inovatif dan pilot project untuk transisi energi, pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan, serta membangun kemitraan teknologi untuk penerapan teknologi energi di Indonesia.

Di samping itu, LOI Pertamina dan JICA juga mencakup potensi kerja sama dalam bidang kelautan dan logistik, serta kerja sama potensial lain yang memastikan pendekatan holistik untuk kemajuan keberlanjutan dan efisiensi energi.

Leave a Reply