Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Permodalan Nasional Madani Berdayakan Pelaku Usaha Ultra Mikro Yang Bergerak di Sektor Seni Batik

Foto : Permodalan Nasional Madani Berdayakan Pelaku Usaha Ultra Mikro Yang Bergerak di Sektor Seni Batik

Jakarta, mataberita.net — PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberdayakan pelaku usaha ultra mikro yang bergerak di sektor seni batik di Kampang Madani, Desa Gandusari, Magelang, Jawa Tengah agar menghasilkan lebih banyak variasi produk batik.

Pendampingan PNM itu makin terasa pada momen Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Saat ini, batik telah mendapat pengakuan dunia sebagai bagian dari wastra yang harus dilestarikan dan bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Sekretaris Perusahaan PNM, L. Dodot Patria Ary menyampaikan, Perseroan selalu berusaha memberikan program pemberdayaan berbasis lokal/wilayah/daerah dengan mempertimbangkan kemudahan replikasi program yang sesuai dengan ragam kondisi lokal.

BACA JUGA : Komedian Alfiansyah Komeng Resmi di Lantik Sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah

“Di Magelang, kami bentuk kampung binaan dengan klasterisasi batik. Di dalamnya, kami bangun tempat pelatihan membatik dan alat pengunci warna batik. Seluruh fasilitas ini bukan hanya untuk nasabah PNM, tapi juga dapat dimanfaatkan oleh non-nasabah,” tutur Dodot.

Dengan menggandeng ahli yang berperan sebagai pelatih dan pendamping bagi nasabah PNM, pelatihan batik ini bertujuan mengembangkan variasi produk nasabah dari teknik batik tradisional hingga ke teknik modern ecoprint.

Tren ecoprint itu sendiri menjadi penyegaran bagi perajin batik, agar produksi yang dihasilkan tidak digunakan hanya pada acara formal, tetapi dapat pula dikenakan untuk sehari-hari.

Tak berhenti pada pelatihan pembuatan batik ecoprint, PNM juga akan memberikan pelatihan lanjutan berupa pewarnaan batik ecoprint. Sehingga, produk yang dihasilkan semakin berkualitas.

“Kami dorong nasabah memiliki skill menghasilkan produk kombinasi batik yang dapat mendukung pemakaiannya agar mengikuti lifestyle yang digunakan sehari-hari,” ujar Dodot.

Leave a Reply