Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pemulihan Layanan Pada PDNS 2 Telah Bertambah Jadi 86 Layanan Yang Berasal Dari 16 Tenant

Foto : Pemulihan Layanan Pada PDNS 2 Telah Bertambah Jadi 86 Layanan Yang Berasal Dari 16 Tenant

Jakarta, mataberita.net — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto menyebut pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan yang berasal dari 16 tenant. Perbaikan terus dilakukan usai pembobolan PDNS pada 20 Juni 2024 lalu.

“Per 12 Juli, pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah telah go live,” ucap Hadi dalam keterangan tertulis, pada Sabtu (13/07/2024).

Hadi mengatakan sejumlah layanan publik yang berhasil dipulihkan mulai dari layanan berbentuk layanan perizinan hingga layanan informasi dalam bentuk portal, termasuk layanan beasiswa dari Kemendikbudristek.

“Termasuk layanan beasiswa yang dikelola Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan saat ini tim gabungan terus melakukan upaya pemulihan layanan publik dengan secepat-cepatnya dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian.

Proses pemulihan layanan terbagi dalam tiga zona tahapan berdasarkan teknik penanganan data.

“Kami membagi dalam tiga zona. Data yang terdampak insiden pada PDNS 2 berada di zona merah, dan ditetapkan dalam proses “karantina”. Selanjutnya akan kita pindahkan ke zona biru untuk dilakukan penguatan keamanan dan pemindaian kerentanan, sebelum nantinya bisa go-live atau data layanan publik diunggah ke pusat data lain ke zona hijau yang siap digunakan kembali,” tutur mantan Panglima TNI ini.

Menurut Hadi, setiap tahapan perlu pemulihan dilakukan dengan teliti dan cermat. Hal tersebut demi meminimalkan celah serangan siber yang dapat masuk dan berdampak pada pelayanan publik.

BACA JUGA : Pengusaha Jusuf Hamka Temui Menko Polhukam Mahfud, Bahas Soal Utang

“Pemerintah melakukan pembersihan data dari malware atau pun virus yang mencurigakan dari data yang sudah berhasil diselamatkan, sekaligus memperkuat parameter keamanan infrastrukturnya” ujar Hadi.

Layanan PDNS 2 diserang pada 20 Juni 2024 lalu. Pusat data yang berlokasi di Surabaya Jawa Timur ini luluh lantak kena serangan siber teknik ransomware. Ini membuat data-data PDNS terkunci tak bisa diakses kementerian/lembaga pengguna layanan. Peretas diklaim meminta tebusan US$8 juta namun tak disanggupi pemerintah.

Tetapi, kelompok Brain Cipher tiba-tiba muncul dan mengklaim sebagai peretas. Mereka memberi pembuka kunci alias dekripsi gratis lewat link download di situs gelap.

Semuel Abrijani Pangerapan, saat masih menjabat Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (4/7), menyebut kunci yang didapat dari Brain Cipher itu sudah berfungsi di spesimen.

Leave a Reply