Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pemerintah Tengah Kaji Penyaluran Subsidi LPG 3 kilogram Jadi BLT

Foto : Pemerintah Tengah Kaji Penyaluran Subsidi LPG 3 kilogram Jadi BLT

Jakarta, mataberita.net — Pemerintah tengah mengkaji penyaluran subsidi LPG 3 kilogram (kg) menjadi bantuan langsung tunai (BLT).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agus Cahyono Adi mengatakan penerapan subsidi langsung akan diterapkan saat mekanismenya sudah siap.

Untuk besaran BLT yang diberikan diperkirakan Rp120 ribu per bulan. Angka itu merupakan asumsi subsidi untuk volume LGP kg yang digunakan oleh masyarakat.

Tetapi, angka tersebut katanya belum final dan masih akan dikaji.

“Untuk besaran subsidinya berapa tergantung dari perkembangan harga dan kemampuan dan daya beli masyarakat sat akan diterapkan,” ucapnya, pada Rabu (17/07/2024).

Agung mengatakan besaran BLT tersebut masih asumsi. Pemerintah masih mengkaji secara komprehensif dari aspek ekonomi, sosial dan operasional.

“Untuk menyatukan pada BLT sedang dikaji dan dikoordinasikan skemanya agar berjalan baik dan tidak menimbulkan masalah operasional,” ujarnya.

Tetapi, Agung belum bisa memastikan kapan skema subsidi BLT akan diterapkan. Ia mengatakan pemerintah akan terus memberikan perhatian dan peningkatan kesejahteraan rakyat dengan memperbaiki skema subsidi LPG agar lebih tepat sasaran.

BACA JUGA : Faisal Basri Perkirakan Jokowi Bakal Wariskan Setumpuk Bom Waktu Kepada Presiden Terpilih Prabowo

Penyaluran LPG 3 kg memang banyak tidak tepat sasaran. Kementerian Keuangan mengungkapkan banyak orang kaya yang masih menikmati subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan LPG.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu menyebut berdasarkan data yang dimilikinya, orang miskin yang menikmati subsidi LPG 3 kg 23,3 persen dari sasaran.

Sementara, 57,9 persen pengguna LPG 3 kg lainnya adalah orang kaya. Begitu juga dengan BBM subsidi. Dari jumlah yang disalurkan 60 persen dinikmati orang kaya dan orang miskin hanya menikmati 40 persen dari total yang diberikan.

Pertamina sebelumnya memprediksi kuota subsidi LPG 3 kg tahun ini akan jebol. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan memperkirakan penyaluran LPG 3 kilogram (kg) tembus 8,38 juta metrik ton (MT) hingga akhir tahun ini.

Jumlah tersebut 4,4 persen lebih banyak dari kuota yang ditetapkan.

Riva mengatakan perkiraan tersebut dibuat dengan mengacu penyaluran LPG 3 kg hingga April lalu yang mencapai 2,69 juta MT atau 1,8 persen lebih banyak dari kuota.

“Peningkatan konsumsi masyarakat terkait beberapa event dan kegiatan-kegiatan, baik dari Ramadan dan Idul Fitri, dan juga kegiatan beberapa libur terkait dengan pemilu dan hari-hari besar,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, pada Selasa (28/05/2024).

Penyaluran LPG 3 kg sendiri pada 2025 diproyeksikan sebesar 8,46 juta MT. Asumsi tersebut mengacu pada pertumbuhan jumlah penduduk sebesar 1,13 persen serta mempertimbangkan upaya pengendalian penyaluran LPG 3 kg melalui program Subsidi Tepat LPG 3 Kg.

Leave a Reply