Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Papua Telah di Setujui Pemerintah

Foto : Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Papua Telah di Setujui Pemerintah

Jakarta, mataberita.net — Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah telah menyetujui pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua. Hal itu merupakan bagian dari negosiasi perpanjangan kontrak izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PTFI hingga 2061.

Di samping itu, kata Bahlil, dengan smelter di Papua, masyarakat Papua bisa merasa ada manfaat dari konsentrat yang berasal dari daerahnya.

“Supaya orang Papua juga merasa bahwa tembaganya betul, konsentratnya betul dari Papua, harus ada smelternya juga di Papua,” tuturnya dalam peresmian smelter PTFI di Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (27/06/2024).

Bahlil menambahkan tidak adil jika pemerintah tidak memperpanjang kontrak IUPK kepada PTFI. Pasalnya, Freeport sudah memenuhi syarat, termasuk membangun smelter di Gresik, Jawa Timur.

BACA JUGA : Kebakaran Gudang Logistik BPBD Provinsi Bali Rugi Rp7,9 Miliar

Di tambah lagi, pemerintah akan mendapatkan tambahan 10 persen saham Freeport menjadi 61 persen.

“Rasa-rasanya sih agak kurang adil kalau tidak kita memberikan perpanjangan tambahan, karena sudah bangun smelter di Gresik dan kita akan mendapatkan lagi saham tambah 10 persen,” ucapnya.

PTFI meresmikan operasi smelter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (27/06/2024).

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan smelter tembaga single line ini menjadi yang terbesar di dunia. Smelter ini memiliki kapasitas sekitar 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

“Outputnya dari smelter ini sekitar 650 ribu ton katoda tembaga dan juga akan bisa dimurnikan di sini pada Desember nanti yaitu lumpur anoda yang akan menghasilkan emas dan perak serta beberapa logam lainnya,” tuturnya.

“Jumlah emasnya kira-kira 50-60 ton dan peraknya 220 ton per tahun,” pungkasnya.

Leave a Reply