Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Pekan Ketiga Juli 2024, Harga Beras Naik di Beberapa Kabupaten atau Kota

Foto : Pekan Ketiga Juli 2024, Harga Beras Naik di Beberapa Kabupaten atau Kota

Jakarta, mataberita.net — Harga beras naik di 116 kabupaten/kota pada pekan ketiga Juli 2024.

Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) M Habibullah mencatat harga beras naik 0,27 persen pada pekan ketiga Juli 2024 dibandingkan pekan sebelumnya menjadi Rp15.078 per kilogram (kg).

“Untuk komoditas beras ini naik 0,27 persen,” ucap dia dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, pada Senin (22/07/2024).

Fenomena ini terjadi setiap pekan sejak Juni 2024. Rinciannya, Juni minggu ketiga jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan beras hanya 52 wilayah.

BACA JUGA : Faisal Minta Pemerintahan Prabowo-Gibran Libatkan UMKM Dalam Program Makan Bergizi Gratis

Lalu, pada pekan keempat naik menjadi 72 wilayah. Pekan pertama Juli naik 109 wilayah. Kemudian bertambah menjadi 113 daerah di pekan berikutnya. Dan, pekan ketiga Juli ada 116 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras.

Hal ini bisa terlihat dari jumlah produksi beras yang terus turun di periode Juni-Juli. Habibullah mengatakan luas panen posisi periode tersebut dibandingkan tahun lalu mengalami penurunan dari sebelumnya 830 ratus hektare (ha) menjadi 750 ratus ha.

Produksi beras Juni untuk gabah kering giling (GKG) hanya 3,58 juta ton. Angka itu lebih rendah dari Mei menjadi 6,26 juta ton.

Kemudian produksi GKG Juli disebut hanya mencapai 3,78 juta ton. Kendati, kondisi luasan panen bulan depan diperkirakan akan meningkat.

BPS memprediksi akan terjadi kenaikan produksi GKG pada Agustus menjadi 4,62 juta ton dan September 5,14 juta ton.

“Namun di Agustus, September, ada potensi luas panen yang besar,” imbuh Habibullah.

Leave a Reply