Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Operasi Modifikasi Cuaca untuk Isi Air 35 Waduk di Jawa Digelar Serentak

Foto : Operasi Modifikasi Cuaca untuk Isi Air 35 Waduk di Jawa Digelar Serentak

Jakarta, mataberita.net — BMKG menyebut. Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami kekeringan pada musim kemarau terutama wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang sudah mengalami hari tanpa hujan cukup panjang. Meski begitu, masih ada peluang pertumbuhan awan-awan hujan yang dapat dimanfaatkan dengan teknologi modifikasi cuaca sebagai upaya mitigasi dan antisipasi sebelum memasuki puncak musim kemarau.

Operasi Modifikasi Cuaca atau yang juga dikenal sebagai hujan buatan, kata BMKG, perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan awan hujan pada periode transisi tersebut untuk mengisi tampungan air atau waduk di daerah yang berpotensi mengalami kekeringan. Rencananya langkah tersebut akan dilakukan terrhadap 35 waduk yang ada di Jawa secara serentak.

BMKG mempersiapkan itu dengan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan TNI Angkatan Udara. Langkah mengisi air di 35 waduk bertujuan mengamankan pasokan air terutama pada jaringan irigasi pertanian.

“Adanya unit kerja baru Deputi Bidang Modifikasi Cuaca menjadikan BMKG akan semakin aktif menjalankan tugas aksi dini mitigasi potensi bencana hidrometeorologi  termasuk kekeringan yang bisa berdampak pada berkurangnya ketersediaan air untuk kebutuhan pertanian dan air baku melalui operasi modifikasi cuaca,” tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada Kamis (30/05/2024).

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

Ditambahkan Dwikorita, operasi itu dijadwalkan mulai dilakukan pada hari ini, Kamis 30 Mei 2024, hingga 10 Juni 2024 mendatang. Ada empat posko yang disiapkan untuk mendukungnya, berlokasi di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Operasi melibatkan empat pesawat jenis CASA 212 milik TNI AU dari Lanud Abdul Rahman Saleh Malang.

Keempatnya akan disebar di empat posko di Lanud Halim Perdana Kusuma, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Adi Sumarmo, serta Lanud Muljono. “Setiap posko akan bertanggungjawab untuk mengisi waduk yang masuk dalam area jangkauan posko tersebut,” kata Dwikorita.

Pelaksanaan operasi, menurut Dwikorita, juga sesuai dengan arahan dari Menteri PUPR yang akan menjadikannya sebagai proyek pilot untuk pelaksanaan operasi modifikasi cuaca di seluruh waduk-waduk yang ada Indonesia. “Untuk mendukung program ketahanan pangan dari pemerintah.”

Pelaksana tugas Deputi Modifikasi Cuaca BMKG Tri Handoko Seto menjelaskan. Operasi modifikasi cuaca di Pulau Jawa dilakukan secara serentak karena sempitnya peluang pertumbuhan awan yang masih memungkinkan untuk disemai. Agar menjadi hujan. Tri Handoko Seto pernah menjadi Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuada di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Leave a Reply