Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Muhadjir Effendy Jelaskan Pembangunan Runway Bandara IKN Masih Kurang 1.000 Meter

Foto : Muhadjir Effendy Jelaskan Pembangunan Runway Bandara IKN Masih Kurang 1.000 Meter

Jakarta, mataberita.net — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan pembangunan landasan pacu (runway) Bandara IKN, Kalimantan Timur, kini sudah 1.300 meter, masih kurang kurang 1.000 meter lagi.

“Untuk memperpanjang untuk melanjutkan pembangunan bandara yang sekarang sudah 1.300 meter, kurang 1.000 meter lagi,” tutur Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada Senin (02/09/2024).

Muhadjir pun memastikan pembangunan bandara di IKN masih sesuai dengan rencana dan jadwal. Karena itu, ia mengatakan pemerintah terus mengantisipasi pelbagai hal yang dapat menghambat pembangunan di IKN, salah satunya terkait cuaca.

“Karena memang kalau sampai target-target sampai diubah, diundur, nanti akan rencana tidak sesuai dengan yang kita harapkan,” ucap dia.

BACA JUGA : BUMN Bantah BBM Bersubsidi Jenis Pertalite di Hapus

Muhadjir pun mengatakan pemerintah berupaya untuk melakukan modifikasi cuaca di sekitar IKN supaya tak terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir, sehingga pelbagai pembangunan fisik di IKN terus berjalan.

“Sehingga longsor dan banjir itu bisa dicegah maka target tadi bisa dipenuhi seperti yang banyak dikehendaki oleh Bapak Presiden (Jokowi),” kata dia.

Pemerintah kini tengah membangun Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Di kutip di laman resmi Kemenhub, Bandara VVIP IKN nantinya akan memiliki runway sekitar 3.000 x 45 meter.

Bandara ini juga didesain untuk mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380. Adapun kapasitas apronnya bisa menampung tiga pesawat berbadan besar (wide body), ditambah satu pesawat berbadan kecil (Narrow Body) atau tujuh pesawat berbadan kecil (narrow body), serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter.

Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengatakan Bandara VVIP di IKN belum bisa digunakan saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus lalu.
Sebab, landasan pacu (runway) bandara tersebut masih kurang 300 meter. Bandara VVIP IKN seharusnya memiliki panjang 2.200 meter, tetapi belum terbangun seluruhnya.

Leave a Reply