Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Blak-blakan Soal Cetak Sawah di Merauke

Foto : Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Blak-blakan Soal Cetak Sawah di Merauke

Jakarta, mataberita.net — Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman blak-blakan soal cetak sawah di Merauke, Papua Selatan untuk membuat Indonesia lumbung pangan dunia.

Menurutnya, cetak sawah merupakan upaya sangat penting karena hampir semua negara di dunia tengah menghadapi tantangan perubahan cuaca hingga gelombang panas.

Ia pun mengungkapkan sampai saat ini program cetak sawah 1 juta hektare (ha) di Merauke, Papua berjalan sesuai rencana. Bahkan, Amran mengirimkan 260 unit traktor untuk tancap gas menggarap lahan di sana.

“Kami berangkatkan traktor 260 unit. Ini kami berangkatkan ke sana dan kami minta satu Minggu tiba karena kami mau kerjakan,” kata Amran di Kantor Kementan, pada Kamis (19/09/2024).

BACA JUGA : Mentan Andi Amran Sulaiman Yakini Program Makan Bergizi Gratis Dapat Menggerakan Ekonomi Desa

Dia menegaskan traktor dan sejumlah teknologi pertanian di Merauke sudah ditangani oleh anak-anak muda. Selain itu, ia juga menyatakan keberhasilannya mengoptimalisasi lahan rawa di Meraukeseluas 33 ribu ha per September.

Luasan optimalisasi itu hampir mencapai target, yakni 40 ribu ha. Menurutnya, saat ini seluas 33 ribu ha lahan bekas rawa sudah berhasil panen.

“Sekarang sudah panen. Sudah 30 ribuan (HA) sebentar lagi 40 ribu. Selesai, masa tanam 4 kali. Menggunakan alat mesin pertanian mulai tanam sampai panen,” terangnya.

Selain Merauke, Amran juga mengoptimalkan cetak sawah seluas 500 ribu ha di Kalimantan Tengah.

Dia menuturkan melihat potensi cetak sawah di sana berdasarkan pantauan udara menggunakan helikopter. Amran pun melihat di sana terdapat bagian sungai Kapuas yang memiliki cakupan perairan hingga 400 ribu ha.

Leave a Reply