Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Mentan Andi Amran Sulaiman Yakini Program Makan Bergizi Gratis Dapat Menggerakan Ekonomi Desa

Foto : Mentan Andi Amran Sulaiman Yakini Program Makan Bergizi Gratis Dapat Menggerakan Ekonomi Desa

Jakarta, mataberita.net — Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meyakini program makan bergizi gratis ala presiden terpilih Prabowo Subianto dapat menggerakan ekonomi desa.

Menurut dia, program makan bergizi gratis tidak berdiri sendiri. Program itu akan melibatkan petani, peternak, hingga nelayan.

Amran menyebut mereka bakal dilibatkan untuk pengadaan pangan, seperti telur, ikan, daging, hingga sayur.

“Jadi ini akan menggerakkan perekonomian desa nantinya. Tapi ini kan padat karya, yang mengerjakan masyarakat kita,” kata Amran di Kantor Kementan, Jakarta, pada Kamis (19/09/2024).

Amran juga optimistis bisa memenuhi kebutuhan beras sebanyak 200 kilogram (kg) untuk sekitar 3.000 siswa per hari.

BACA JUGA : Pertamina Patra Niaga Semakin Perkuat Perannya Dukung Pemerintah Kurangi Emisi Karbon di Sektor Penerbangan

Ia mengaku sudah menyiapkan hal itu dari sekarang.

“Kami siapkan dari sekarang. Kami yakin bisa swasembada paling lambat tiga tahun (ke depan),” ucapnya.

Program makan bergizi gratis sendiri membutuhkan 200 kg beras untuk 3.000 siswa per hari. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Gizi Nasional (BGN) Dadan Hindayana.

Dadan juga mengatakan 350 kg daging ayam dan 350 kg sayuran dibutuhkan per hari.

“Dalam percobaan kita juga berikan susu, untuk 3.100 anak membutuhkan 600 liter susu setiap hari,” ujar Dadan dalam Strategic Policy Forum Membedah Program Strategis Pemerintah Baru dan Solusi Tantangan Menuju Indonesia Emas 2025 di Universitas Indonesia, pada Selasa (17/09/2024).

Menurut dia, Indonesia sekarang kelebihan produksi telur 200 ribu ton per tahun dan kelebihan 600 ribu ton daging ayam per tahun. Di lain sisi, banyak anak-anak yang kekurangan gizi karena daya belinya rendah.

Oleh sebab itu, program makan bergizi gratis diharapkan bisa hadir dengan menyerap produksi dalam negeri dan menyalurkannya kepada penerima bantuan.

Leave a Reply