Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Mentan Andi Amran Sulaiman : Bercocok Tanaman Pangan di Pekarangan Bisa Hemat Anggaran Rumah Tangga Rp1.400 Triliun per Tahun

Foto : Mentan Andi Amran Sulaiman : Bercocok Tanaman Pangan di Pekarangan Bisa Hemat Anggaran Rumah Tangga Rp1.400 Triliun per Tahun

Jakarta, mataberita.net — Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bercocok tanaman pangan di pekarangan bisa menghemat anggaran rumah tangga Rp1.400 triliun per tahun.

Penghematan itu bisa tercipta karena rumah tangga tak perlu lagi belanja kebutuhan pangan di pasar.

“Itu adalah makanan sehat, yang kedua mengurangi pengeluaran, ketiga menekan inflasi,” tutur Amran di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta. pada Kamis (19/09/2024).

Adapun tanaman yang bisa ditanam di pekarangan itu seperti cabai, terong, tomat, kangkung, bayam, sawi, singkong, hingga ubi jalar. Selain itu, pekarangan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk kembang biak ayam dan ikan.

BACA JUGA : Mentan Andi Amran Sulaiman Yakini Program Makan Bergizi Gratis Dapat Menggerakan Ekonomi Desa

Amran mengatakan pihaknya mendorong rumah tangga untuk bercocok tanam di pekarangan dengan memberikan bibit gratis.

“Kami berikan bibit gratis, pangan lestari,” ucapnya.

Kementan sendiri telah menginisiasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Rumah Pangan Lestari (RPL).

RPL dibangun dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. RPL juga bertujuan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada akhir 2023 lalu, Amran mendorong RPL melalui tanaman cabai. Maklum, saat itu harga cabai melambung mencapai Rp100 ribu per kilogram (kg) imbas El Nino.

“Kalau setiap rumah tangga menanam cabai di pekarangan atau di teras rumahnya, maka kemahalan cabai tidak akan kita temui lagi di pasar-pasar. Saya rasa masalah cabai selesai”, jelasnya.

Leave a Reply