Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Menparekraf Sandiaga Uno, Klaim Keberadaan IKN Mulai Menarik Minat Wisatawan Dari Luar Daerah

Foot : Menparekraf Sandiaga Uno, Klaim Keberadaan IKN Mulai Menarik Minat Wisatawan Dari Luar Daerah

Jakarta, mataberita.net — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengklaim keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mulai menarik minat wisatawan dari luar daerah.

“Pariwisata di IKN ini kita sangat bersyukur karena saat dibuka kemarin banyak sekali minat, terutama dari daerah-daerah lain untuk melihat ibu kota negara kita,” tutur Sandiaga di Pakem, Sleman, DIY, pada Kamis (19/09/2024).

Menurutnya, wisatawan menunjukkan ketertarikannya untuk melihat langsung siluet Istana Garuda yang menjadi gedung kantor presiden.

Di sisi lain, para wisatawan juga tertarik akan aspek konservasi lingkungan, destinasi wisata alam serta desa wisata di IKN.

“Jadi ini akan terus kita perkuat, kita akan tawarkan sebagai salah satu paket wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan,” jelasnya.

Sandiaga sebelumnya juga telah mengungkap rencana kementeriannya membangun dua objek wisata alam di dekat IKN demi menyediakan pilihan kunjungan wisata bagi pengunjung maupun warga setempat.

Dua objek wisata yang disiapkan Kemenparekraf adalah wisata alam Gua Tapak Raja yang berada di Desa Wonosari dan Hutan Mangrove di Kelurahan Mentawir. Keduanya berlokasi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kami sedang siapkan perencanaan pembangunan wisata Hutan Mangrove (bakau) dan Gua Tapak Raja di Sepaku,” imbuh Sandiaga Uno saat meninjau Pantai Nipah-Nipah di Penajam, pada Senin (12/08/2024).

BACA JUGA : Jokowi Wanti-wanti Soal Peluang Kerja di Indonesia Yang Semakin Sedikit di Bandingkan Jumlah Pelamar Kerja di Masa Depan

Sandiaga mengatakan, penyediaan tujuan pariwisata di kawasan ibu kota baru Indonesia, supaya masyarakat Kota Nusantara maupun wisatawan dalam dan luar negeri yang berkunjung punya berbagai pilihan kunjungan wisata.

Selain itu, Kemenparekraf juga menyiapkan objek wisata lain yang terdapat di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, sebagai alternatif tujuan wisata ibu kota baru Indonesia.

“Kami juga siapkan tempat wisata yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur lainnya untuk tunjang pariwisata Kota Nusantara,” kata Sandiaga.

Bukan hanya Gua Tapak Raja dan Hutan Mangrove, Sandiaga mengungkapkan bahwa ada wisata berkelanjutan lainnya yang disiapkan di dekat IKN di antaranya, kebun raya, Bukit Bangkirai dan budaya pampang yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Dia mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo mengenai rencana menyiapkan pariwisata di IKN, ketika rapat kabinet paripurna perdana di Istana Garuda Kota Nusantara pada Senin (12/08/2024) pagi.

Kemenparekraf juga menyusun konsep pariwisata ramah lingkungan (ecotourism) ibu kota masa depan Indonesia dan daerah mitra Kota Nusantara, serta kawasan sekitarnya.

Sandiaga berharap bisa menciptakan produk wisata dari sistem pengelolaan sampah di objek wisata seperti dengan mengajak pengunjung menanam bakau maupun melalukan restorasi terumbu karang (wisata carbon offset).

Leave a Reply