Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Menhub Budi Karya Sumadi Yakin Sri Mulyani Setuju Hapus Pajak Suku Cadang Pesawat

Foto : Menhub Budi Karya Sumadi Yakin Sri Mulyani Setuju Hapus Pajak Suku Cadang Pesawat

Jakarta, mataberita.net — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yakin Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani setuju menghapus pajak suku cadang pesawat supaya keinginan pemerintah menekan harga tiket pesawat kembali murah bisa terjadi.

Menurutnya harga pajak suku cadang juga memiliki multiplier effect pada harga tiket pesawat. Bahkan menurutnya jika pajak suku cadang ini masih diditerapkan maka banyak pesawat asal Indonesia yang malah memilih untuk memperbaiki di luar negeri.

“Sehingga ada capital flight, yang diakibatkan oleh pajak atas suku cadang. Itu sedang dibahas. Tapi pada dasarnya Kementerian Keuangan setuju,” tutur Budi Karya , pada Jumat (20/09/2024)

Tidak hanya pajak suku cadang, Budi juga bicara mengenai penghapusan pajak PPN pada bahan bakar pesawat yakni avtur dan penumpang. Menurut dia hal itu juga memberikan dampak pada harga tiket pesawat.

BACA JUGA : Mentan Andi Amran Sulaiman : Bercocok Tanaman Pangan di Pekarangan Bisa Hemat Anggaran Rumah Tangga Rp1.400 Triliun per Tahun

Budi Karya memahami jika pajak itu dihilangkan tentu akan berpengaruh pada penerimaan pajak lain. Tetapi menurutnya moda transportasi pesawat yang saat ini hanya dikenakan PPN.

“Kami memahami bahwa apabila ini dihilangkan maka ada dampak kepada pajak-pajak yang lain, tapi harus dipahami bahwa yang namanya perhubungan udara ini satu-satunya yang dikenakan PPN. Dulu yang namanya penerbangan yang ada itu adalah kebutuhan tersier. Kalau sekarang coba semua mengharapkan ada penerbangan,” ujarnya.

Ia juga mencontohkan ada beberapa penerbangan yang kini dihilangkan di beberapa daerah karena mahalnya harga avtur.

“katakanlah Wakatobi, ada tadi Kerinci, yang tadinya ada sekarang tidak ada karena avtur yang relatif mahal maka harga menjadi mahal sehingga masyarakat tidak terjangkau,” imbuhnya.

Menurut Budi hal ini juga dibicarakan dan dirapatkan dengan Satuan Tugas Penurunan Harga Tiket pesawat. Nantinya keputusan mengenai hal ini tentunya akan diputuskan oleh Satgas.

Selain itu Eks Direktur Utama Angkasa Pura II ini juga mengusulkan adanya multi provider atau beberapa penyedia bahan bakar pesawat seperti avtur kepada Satgas. Menurutnya jika ini bisa dilakukan akan terjadi penurunan yang signifikan terhadap harga avtur dan juga tiket pesawat.

Leave a Reply