Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Ma’ruf Amin Resmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Foto : Ma'ruf Amin Resmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Jakarta, mataberita.net — Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jawa Barat, pada hari ini, pada Selasa (09/07/2024). Dengan peresmian ini, maka ruas jalan tol tersebut resmi beroperasi mulai hari ini.

Ma’ruf bersyukur Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini telah selesai dan siap beroperasi. Ia merinci jalan tol ini memiliki panjang 26,18 kilometer dan total investasi sebesar Rp10,6 triliun. Jalan tol ini merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek.

“Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar hanya 30-45 menit, dari sebelumnya yang menempuh 1-2 jam melalui jalan arteri,” ungkap Ma’ruf disiarkan di kanal YouTube Wakil Presiden RI.

Ma’ruf merinci pembangunan jalan tol di Indonesia selama sembilan tahun terakhir meningkat signifikan hingga lebih dari 13 persen per tahun.

Saat ini, panjang jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.893 kilometer, yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dan Sumatra. Sisanya, berada di Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

“Perkembangan pembangunan jalan tol ini tentunya cukup menggembirakan. Namun dengan luas wilayah daratan Indonesia yang mencapai kurang lebih 2 juta km persegi, penambahan pembangunan jalan tol untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah perlu terus ditingkatkan,” ucap dia.

Ma’ruf meyakini pembangunan jalan tol akan meningkatkan aksesibilitas ke pusat-pusat ekonomi dan kawasan industri, pertanian, hingga wisata. Hal ini penting demi mendukung keberlanjutan industri dan meningkatkan daya saing Indonesia.

“Pastikan pembangunan infrastruktur tidak hanya mempertimbangkan aspek ekonomi, namun juga mengedepankan aspek lingkungan dan sosial. Dengan semakin pendek jarak tempuh dan semakin lancarnya arus lalu lintas antardaerah, diharapkan emisi kendaraan dapat menurun,” tutur dia.

BACA JUGA : Allianz Tunjukkan Komitmen Kuat Dalam Melindungi Masyarakat Indonesia

Dalam keterangan resmi Setwapres pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer ini digarap mulai 2015 hingga 2024.

Proyek ini terbagi atas Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya-Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya-Cikeas dan Segmen 2B Cikeas-Cibitung.

Seksi 1 dan Seksi 2A sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B menjadi seksi terakhir Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang akan dibuka.

Adapun lokasi peresmian hari ini berada di Seksi 2B, yaitu di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400. Setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, jalan bebas hambatan ini akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 sehingga makin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Leave a Reply