Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Mantapkan Layanan, Evaluasi Posyandu ILP Dikemas Lewat Lomba

Foto : Mantapkan Layanan, Evaluasi Posyandu ILP Dikemas Lewat Lomba

Pekalongan, mataberita.net — Dalam rangka melakukan evaluasi setelah diinternalisasi selama satu tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) melaksanakan Lomba Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) tingkat Kota tahun 2024.

“Tahun 2024 ini kami mencoba untuk melakukan penilaian atau evaluasi yang dikemas dalam bentuk lomba posyandu ILP yang sudah dikembangkan sejak tahun 2023 di kota Pekalongan,” kata Kepala DPMPPA Puji Winarti di Posyandu Seruni I, Kelurahan Klego.

Puji menyebutkan. Dari 418 posyandu yang ada, sepertiga diantaranya sudah melaksanakan integrasi layanan primer dengan melakukan kegiatan 5 langkah. Tak lain dengan sasaran siklus hidup. Mulai dari ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, anak sekolah, usia produktif, dewasa dan lansia.

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

Itu dilakukan dalam satu waktu melalui pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan dan pemeriksaan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan. “Kegiatan ini pertama kali yang dilakukan untuk lomba posyandu ILP karena sudah diinternalisasi selama satu tahun,” terang Puji.

“Untuk tahapannya pertama kita lakukan penilaian administrasi meliputi profil, data dukung, berkas, dokumentasi sudah diverifikasi. Kemudian saat ini kita lakukan verifikasi lapangan yang masuk ada 3 yaitu posyandu kencana wungu Kelurahan Kandang panjang, posyandu seruni I Kelurahan Klego dan posyandu melati Kelurahan Gamer,” imbuh Puji.

Foto : Mantapkan Layanan, Evaluasi Posyandu ILP Dikemas Lewat Lomba

Disampaikan Puji. Indikator penilaian dalam verifikasi lapangan adalah inovasi yang dilakukan dalam pelaksanaan Posyandu, kegiatan pencegahan stunting, integrasi dengan kelurahan ramah perempuan dan peduli anak, gedung yang digunakan dan dukungan dari masyarakat sekitar untuk pelaksanaan posyandu maupun keberlanjutannya.

Foto : Mantapkan Layanan, Evaluasi Posyandu ILP Dikemas Lewat Lomba

“Juara 1 tingkat kota akan kita bina bersama OPD terkait untuk kami ajukan tingkat provinsi di tahun 2025 mendatang. Targetnya semua posyandu di Kota Pekalongan bisa ILP dengan standar yang ada meskipun dilakukan bertahap, evaluasi ini dapat meningkatkan kemampuan kader memenuhi harapan masyarakat dalam memberikan pelayanan dasar tersebut,” tukas Puji.

Foto : Mantapkan Layanan, Evaluasi Posyandu ILP Dikemas Lewat Lomba

Sebagai informasi, verifikasi lapangan dilakukan pada Senin (08/07/2024) di Posyandu Kencana Wungu Kelurahan Kandang Panjang. Selanjutnya pada Rabu (10/07/2024) di Posyandu Seruni I Kelurahan Klego dan pada Kamis (11/7/2024) di Posyandu Melati Kelurahan Gamer.

Leave a Reply