Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Jokowi : Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia Masih Rendah Sehingga Jadi Sasaran Kejahatan dan Penipuan Digital

Foto : Jokowi : Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia Masih Rendah Sehingga Jadi Sasaran Kejahatan dan Penipuan Digital

Jakarta, mataberita.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah sehingga kerap jadi sasaran empuk kejahatan dan penipuan digital.

“Literasi keuangan kita masih rendah, seingat saya kurang lebih 50 persen. Masyarakat masih rentan mengalami risiko penipuan dan kejahatan digital,” tutur Jokowi saat meresmikan pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia 2024 di JCC, Jakarta, pada Kamis (01/08/2024).

Ia pun berpesan agar Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan perlindungan masyarakat di sektor ekonomi digital.

“Jangan sampai rakyat kecil menjadi pihak yang dirugikan,” ucap dia.

BACA JUGA : Kementerian ESDM Pstikan Program Rice Cooker Gratis Berlanjut Tahun Ini

Jokowi juga meminta agar sistem perlindungan konsumen disiapkan sebaik mungkin, serta harus bisa memberikan kepastian keamanan data konsumen. Sebab, keamanan data menjadi hal yang sangat penting. Ia mewanti-wanti agar Indonesia mengedepankan backup atau cadangan data berlapis ke depan.

“Penting itu. Saya kita pengamanan kita kemarin harus betul-betul dijadikan pengalaman yang baik dan bermanfaat untuk ke depannya,” katanya.

Berdasarkan survey OJK, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 49,68 persen pada 2022. Sementara, tingkat inklusi keuangan pada 2022 mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode 2019 yaitu 76,19 persen.

“Secara umum di Indonesia, inklusi itu lebih tinggi dari literasi, artinya lebih banyak orang yang gunakan produk (keuangan) daripada memahami,” imbuh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi dalam episode pertama podcast ‘Money Honey’,  pada Jumat (24/02/2024).

Leave a Reply