Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Jokowi Sebut Pengusaha Konstruksi Kerap Bantingan Harga Demi Menangkan Proyek

Foto : Jokowi Sebut Pengusaha Konstruksi Kerap Bantingan Harga Demi Menangkan Proyek

Jakarta, mataberita.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pengusaha konstruksi kerap banting-bantingan harga demi memenangkan proyek.

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan para anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) dalam acara Refleksi dan Catatan: 10 Tahun Pemerintahan Jokowi di Bidang Konstruksi, Infrastruktur dan Investasi.

“Urusan lelang, urusan harga penawaran. Ini GAPENSI kan tidak pernah lepas dari harga penawaran. Yang saya lihat dari jauh biasanya banting-bantingan harga supaya menang proyek. Bener enggak?” ujar dia di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, pada Rabu (31/07/2024).

Menurutnya, berkompetisi adalah hal yang lazim. Tetapi lainnya halnya jika sudah mulai bermain harga. Jokowi kerap menemukan beberapa pengusaha konstruksi yang banting harga di bawah 80 persen.

BACA JUGA : DJP Kemenkeu Berencana Masukan Wajib Pajak Grup Dalam Satu Kantor Pelayanan Pajak

“Supaya menang proyek HPS (harga perkiraan sendiri)-nya turun di bawah 80 persen. Ada. Banyak loh. Benar enggak?” ujarnya.

Ia mengingatkan jika HPS suatu proyek dipangkas sampai ke bawah 80 persen akan menghasilkan proyek tak sesuai standar seharusnya.

Pasalnya, demi memenuhi biaya yang telah dipangkas habis tersebut, tentu akan membuat realisasi konstruksi mengurangi penggunaan bahan-bahan material dari yang seharusnya.

“Saya sudah berapa kali, kalau saya ke lapangan meresmikan atau melihat progres perkembangan proyek pasti saya tegor. Kalau berkaitan lanskap, estetika, lingkungan, karena ini ke depan menjadi hal penting. Karena memang tidak ada anggaran mempercantik bangunan itu. Kita harus mulai dengan estetika, lanskap lingkungan,” imbuhnya.

Dia pun meminta pengusaha jasa konstruksi yang tergabung dalam GAPENSI meningkatkan kualitas pembangunan suatu proyek.

“Karena kalau pekerjaan banyak sekali. Saya lihat anggaran infrastruktur tidak hanya d Kementerian PUPR. Ada Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, semuanya ada. Kontraktor utamanya memang banyak BUMN, tapi yang jadi subkon banyak sekali dari GAPENSI,” katanya.

“Saya minta, GAPENSI salah satu asosiasi jasa konstruksi terbesar dalam menghasilkan karya konstruksi, betul-betul harus semakin berkualitas,” pungkas dia lebih lanjut.

Leave a Reply