Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Jelang Idul Adha, Pemkot Bentuk Tim Pengawasan dan Pengendalian Hewan Kurban

Foto : Jelang Idul Adha, Pemkot Bentuk Tim Pengawasan dan Pengendalian Hewan Kurban

Pekalongan, mataberita.net — Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) telah membentuk Tim Pengawasan dan Pengendalian hewan kurban. Tak lain untuk memastikan kesehatan hewan sebelum dilakukan penyembelihan hingga pasca pemotongan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinperpa Lili Sulistyawati belum lama ini.

“Persiapan menjelang Idul Adha tahun 2024, kami membentuk tim untuk melakukan pengawasan dan pengendalian hewan-hewan yang akan digunakan untuk kurban. Kita cek kesehatan sejak hewan di kandang, penyembelihan sampai pasca penyembelihan dengan melihat kondisi daging dan jeroannya apakah layak konsumsi,” ujar Lili.

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, tim tersebut akan mengawali pengawasan di lokasi yang biasa digunakan jual beli hewan hewan kurban. Tak lain dengan memberikan edukasi menjaga kebersihan kandang dan pangan yang disediakan. Agar penyakit-penyakit yang seringkali menyerang hewan kurban bisa dicegah dan dikendalikan. Lili mengatakan. Akan ada 4 dokter hewan yang dilibatkan dalam tim tersebut.

Foto : Jelang Idul Adha, Pemkot Bentuk Tim Pengawasan dan Pengendalian Hewan Kurban

Pada hari H, bersama anggota tim lainnya, mereka akan berkeliling ke sejumlah rumah potong hewan (RPH) antara lain RPH Kertoharjo, RPH Kuripan dan beberapa lokasi yang menjadi titik pemotongan hewan ternak. “Sebelum hari H juga akan memberikan sosialisasi penyembelihan hewan kurban kepada tukang jagal atau penyembelih. Agar mereka ini bisa punya ilmu bagaimana menyembelih hewan kurban yang ASUH yakni aman, sehat, utuh dan halal,” tukas Lili.

Foto : Jelang Idul Adha, Pemkot Bentuk Tim Pengawasan dan Pengendalian Hewan Kurban

Lebih lanjut, Lili berharap. Pelaksanaan kurban di Hari Raya Idul Adha tahun 2024 dapat berjalan kondusif, lancar dan aman, juga terhindar dari penyebaran penyakit hewan.

Leave a Reply