Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Jakpro Sebut LRT Jakarta Fase 1B Velodrom-Manggarai Siap Jalani Uji Lintasan

Foto : Jakpro Sebut LRT Jakarta Fase 1B Velodrom-Manggarai Siap Jalani Uji Lintasan

Jakarta, mataberita.net — PT Jakarta Propertindo alias Jakpro menyebut LRT Jakarta Fase 1B Velodrom-Manggarai siap untuk menjalani uji lintasan pada akhir September 2024. Adapun progres proyek tersebut baru 26,6 persen pada akhir Agustus 2024.

“Hingga akhir Agustus 2024, progres pembangunan LRT Jakarta sudah mencapai 26,64 persen dengan deviasi positif,” ujar Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro Dian Takdir di Jakarta, pada Kamis (05/09/2024).

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya mempercepat integrasi antar moda pada Stasiun Manggarai sebagai sentral stasiun dengan memperluas jaringan LRT Jakarta Fase 1A dari Stasiun Kelapa Gading ke Stasiun Velodrome.

“Dengan membangun LRT Jakarta Fase 1B, maka Stasiun LRT Velodrome bisa terhubung langsung dengan Stasiun Manggarai sehingga bisa jadi pendukung sebagai stasiun utama ke depannya,” jelas Dian.

BACA JUGA : Menparekraf Sandiaga Uno Sudah Mulai Berkemas Rumah Dinasnya Jelang Purnatugas

Dirinya menyebut pengerjaan proyek LRT Jakarta seperti pemasangan pagar, pemindahan utilitas, dan relokasi pohon, sudah hampir rampung. Hingga saat ini telah dilakukan pemotongan dan relokasi 616 pohon dari target 662 pohon.

Sementara pekerjaan utama seperti pengeboran dan penempatan tiang bor pondasi masih terus dipercepat untuk jalur LRT sepanjang 6,4 kilometer (km) tersebut.

“Total terdapat 612 titik tiang bor pondasi (borepile) yang sudah ditempatkan setar 61 titik tapak pondasi (pilecap) yang sudah terpasang,” tutur dia lebih lanjut.

Sementara itu, pekerjaan lainnya seperti penempatan balok jembatan, baik yang terbuat dari beton maupun baja, plat lantai, serta pengecoran struktur pembatasan juga sedang berlangsung.

Ia menjelaskan balok jembatan merupakan struktur utama pendukung rel kereta. Satu span atau bentang di antara dua tiang kolom penyangga jembatan atay pier akan terdiri dari dua balok jembatan.

“Kedua balok jembatan akan disambungkan menjadi satu menggunakan balok diagrafma. Setelah itu, akan dipasang rel dan sistem sumber listrik penggerak kereta, baik pada viaduk (jembatan) maupun di Stasiun Rawamangun, dengan target untuk siap dilakukan uji lintasan atau test track pada akhir September 2024,” tutur dia.

Menurutnya, proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan dari dua sisi, yakni dari zona Velodrome-Pramuka dan zona Pramuka-Manggarai. Pembangunan jalur LRT Jakarta Fase1B bertujuan mendukung Manggarai sebagai stasiun sentral.

Selain itu, Jakpro juga mengoptimalkan teknologi monitoring berupa dasbor yang terhubung dengan model informasi pembangunan atau Building Information Modelling (BIM).

Melalui BIM, Jakpro bisa melakukan monitoring secara menyeluruh terhadap progres pembangunan LRT Jakarta, sehingga dapat menjadi peringatan dini jika terjadi ketidaksesuaian kualitas atau desain. Data yang tersimpan di BIM akan menjadi bank data untuk keseluruhan proyek LRT Jakarta Fase 1B.

“Kami optimis penyelesaian pekerjaan LRT Jakarta Fase 1B dapat diselesaikan pada kuartal-III tahun 2026 sesuai dengan rencana yang telah ditargetkan,” ujarnya.

Adapun pengerjaan konstruksi LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai akan berlangsung selama 36 bulan. Jalur yang akan dibangun pada Fase 1B ini sepanjang 6,4 km dan akan terdapat lima stasiun, yakni Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

“Ditargetkan dengan terbangunnya fase 1B ini nantinya akan membawa 80 ribu penumpang per hari secara bertahap,” imbuh Dian lebih lanjut.

Leave a Reply