Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Masifkan Skrining TBC

Foto : Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Masifkan Skrining TBC

Pekalongan, mataberita.net — Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh tiap tanggal 27 Maret, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus menggenjot skrining TBC. Salah satunya melalui Grebeg TB di wilayah 14 Puskesmas yang akan digelar pada 2 April mendatang. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Slamet Budiyanto melalui Programmer Pencegahan Penyakit Menular (P2M) setempat Indayah Dewi saat ditemui di ruang kerjanya, pada Kamis (28/03/2024).

Foto : Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Masifkan Skrining TBC

Indayah menuturkan. Skrining merupakan salah satu strategi untuk menemukan seluruh kasus dan mengobati sampai sembuh, sehingga penularan TBC dapat dihentikan. Upaya penanggulangan TBC tersebut tidak hanya sektor kesehatan saja tetapi sektor non kesehatan juga harus terlibat. Pihaknya telah melaksanakan skrining TBC kepada sejumlah anak-anak resiko stunting. Dilanjutkan penyerahan sertifikat kepada pasien TBC Resisten Obat (RO) di RSUD Bendan dan Rumah Sakit Budi Rahayu.

Foto : Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Masifkan Skrining TBC

“Puncak peringatannya adalah Grebeg TB kerjasama dengan Rumah Sakit dan organisasi profesi untuk peningkatan capaian kasus TBC di Kota Pekalongan. Masing-masing Puskesmas bersama Dinkes, secara door to door menyisir masyarakat yang ada kasus Tbnya. Apabila ditemukan ada yang batuk dalam jangka waktu lama akan kita ambil sampel dahak dan kirimkan pada hari itu juga untuk di tes,” terang Indayah. Bersama organisasi profesi seperti PPNI, IAKMI, PPPKMI dan Rumah Sakit, skrining tersebut juga dirangkaikan dengan pembagian baksos berupa minyak goreng.

Foto : Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Masifkan Skrining TBC

“Karena kegiatan ini dilaksanakan di bulan Ramadan  kami sekaligus berbagi sedikit, setiap puskesmas kita alokasikan 20 pack minyak goreng,” imbuh Indayah. Dia berharap. Di tahun ini Kota Pekalongan bisa sesuai target seperti di tahun sebelumnya yang berhasil mencapai terbaik nomor 1 di Provinsi Jawa Tengah. “Mudah-mudahan penangganan TBC tetap baik seperti tahun lalu, penderita TBC mau menjalani pengobatan dan kontak terdekat penderita mau melaksanakan terapi pencegahan,” sambungnya.

Foto : Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Masifkan Skrining TBC

Sebagai informasi, Indayah menyebutkan. Hingga Maret 2024 ada sekitar 1634 terduga dan ditemukan kasus 197 dan saat ini sedang menjalankan pengobatan.

BACA JUGA : Duka Terpahit Dilewati Kris, Tolak Ukur Sukses Berbeda – Beda

Leave a Reply