Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Goodbye Sumatera Utara! 4 Kabupaten 1 Kota Siap Bentuk Provinsi Baru

Wacana pemekaran daerah pembentukan provinsi baru di Sumatera Utara sudah lama digaungkan. Tentunya Kartu Tanda Penduduk masyarakat yang tinggal di wilayah itu tidak lagi di bawah naungan Pemerintah Sumatera Utara, melainkan provinsi baru.
Wacana pemekaran daerah pembentukan provinsi baru di Sumatera Utara sudah lama digaungkan. Tentunya Kartu Tanda Penduduk masyarakat yang tinggal di wilayah itu tidak lagi di bawah naungan Pemerintah Sumatera Utara, melainkan provinsi baru.

SUMUT, mataberita.net–Sumatera Utara merupakan provinsi keempat terbesar jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Menurut hasil pencacahan lengkap Sensus Penduduk (SP) 1990, penduduk Sumatera Utara berjumlah 10,81 juta jiwa, dan pada tahun 2010 jumlah penduduk Sumatera Utara telah meningkat menjadi 12,98 juta jiwa.

Kepadatan penduduk Sumatera Utara pada tahun 1990 adalah 143 jiwa per km² dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 178 jiwa per km². Dengan Laju Pertumbuhan Penduduk dari tahun 2000-2010 sebesar 1,10 persen.

Sensus penduduk tahun 2020, penduduk Sumatera Utara bertambah menjadi 13.937.797 jiwa, dengan kepadatan penduduk 191 jiwa/km², dan per 31 Desember 2022 berjumlah 15.372.437 jiwa.

Wacana pemekaran daerah pembentukan provinsi baru di Sumatera Utara sudah lama digaungkan. Tentunya Kartu Tanda Penduduk masyarakat yang tinggal di wilayah itu tidak lagi di bawah naungan Pemerintah Sumatera Utara, melainkan provinsi baru.

Benarkah segera muncul provinsi baru yang dimekarkan dari Provinsi Sumatera Utara?


Dalam pemekaran suatu daerah wajib sudah memenuhi persyaratan dan mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat. Untuk diketahui bahwa cakupan wilayah, ketentuan dalam Pasal 35 UU No. 23 Tahun 2014 menjelaskan bahwa untuk pembentukan daerah provinsi, calon provinsi tersebut harus memiliki paling sedikit 5 daerah kabupaten/kota. Untuk pembentukan daerah kabupaten, calon kabupaten tersebut harus memiliki sedikitnya 5 kecamatan. Sedangkan untuk pembentukan daerah kota, calon kota tersebut harus memiliki setidaknya 4 kecamatan.

Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara ini tentu bertujuan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong pelayanan dalam segala bidang. Terdapat lima kabupaten dan satu kota yang dikabarkan membentuk Provinsi Sumatera Tenggara, diantaranya:

 

  • Kabupaten Mandailing Natal

Kabupaten Mandailing Natal Batak Mandailing sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini berada di kecamatan Panyabungan. Kabupaten Mandailing Natal berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Barat. Pada akhir tahun 2023, penduduk kabupaten ini berjumlah 495.236 jiwa, dengan kepadatan 80 jiwa/km2. Kabupaten Mandailing Natal merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 1998.

  • Kabupaten Tapanuli Selatan

Kabupaten Tapanuli Selatan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kotanya berada di kecamatan Sipirok. Kabupaten ini awalnya merupakan kabupaten yang cukup luas dan beribukota di Padang Sidempuan.

Daerah-daerah yang telah berpisah dari Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Kabupaten Mandailing Natal, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Padang Lawas Utara dan Kabupaten Padang Lawas.

Setelah pemekaran 14 November 1956 UU Nomor 7 Tahun 1956, ibu kota kabupaten ini pindah ke kecamatan Sipirok. Jumlah penduduk Tapanuli Selatan pada pertengahan tahun 2023 berjumlah 317.080 jiwa.

BACA JUGA :

Suka Sukamu Ajalah Nadiem

  • Kabupaten Padang Lawas

Kabupaten Padang Lawas disingkat Palas Surat Batak salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kabupaten ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Kabupaten Padang Lawas resmi berdiri berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 38 Tahun 2007, tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2007, bersamaan dengan dibentuknya Kabupaten Padang Lawas Utara, menyusul RUU yang disetujui pada 17 Juli 2007. Ibu kota kabupaten ini adalah Sibuhuan. Populasi: 269.799 jiwa (2017)

  • Kabupaten Padang Lawas Utara

Padang Lawas Utara disingkat Paluta salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Padang Lawas Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 2007, sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2007, tentang Pembentukan Kabupaten Padang Lawas Utara. Ibu kota kabupaten ini berada di Gunung Tua. Pada tahun 2021, kabupaten Padang Lawas Utara memiliki jumlah penduduk sebanyak 269.845 jiwa, dengan kepadatan 69 jiwa/km².

  • Kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan disingkat PSP yang sebelumnya dieja Padang Sidempuan, adalah sebuah kota di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Melalui UU Nomor 4 Tahun 2001 Padangsidimpuan berdiri 17 Oktober 2001. Padangsidimpuan merupakan kota terbesar di wilayah Tapanuli, dan seluruh wilayahnya dikelilingi Kabupaten Tapanuli Selatan. Dengan total populasi: 212.917 (2016)  luas: 159,3 km²

Kota ini dikenal dengan julukan Kota Salak karena kota dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, yang menjadi kawasan perkebunan buah Salak. Salah satu gunung utama adalah Gunung Lubukraya. Buah Salak tersebut kemudian dikirim dan dijual di Kota Padangsidimpuan.

Kota ini digadang-gadang bakal ditunjuk sebagai Ibu kota dan pusat pemerintahan dari Provinsi Sumatera Tenggara dengan luas wilayah sebesar 159,28 km2 maka kepadatan penduduknya mencapai1.356 jiwa/km2

 

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Facebook : https://www.facebook.com/mataberita.net

Youtube : https://www.youtube.com/@mataberitadotnet

@mataberita

Leave a Reply