Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

FIFA Sebut Mats Deijl Tidak Lolos Persyaratan Perkuat Timnas Malaysia

Foto : FIFA Sebut Mats Deijl Tidak Lolos Persyaratan Perkuat Timnas Malaysia

Jakarta, mataberita.net — FIFA menyatakan pemain Go Ahead Eagles, Mats Deijl tidak lolos persyaratan untuk bisa dinaturalisasi FAM untuk memperkuat timnas Malaysia. Berikut kronologi FIFA tolak Mats Deijl dinaturalisasi untuk bela Malaysia karena terganjal statuta.

Awalnya, Deijl menunjukkan ketertarikan untuk bisa memperkuat Malaysia yang disebutnya merupakan tanah kelahiran leluhurnya.

Keinginan Deijl itu pun direspons FAM dengan mulai melakukan proses untuk bisa menaturalisasi pemain berusia 27 tahun itu.

Proses ini sudah berlangsung sejak 27 Juni 2024 lalu. Pembicaraan antara FAM dengan klub, agen, dan Deijl sudah dilakukan untuk memuluskan proses naturalisasi.

Dari hasil diskusi tersebut, pemain tersebut telah memberikan dokumen terkait silsilah keluarganya yang menunjukkan bahwa ia memiliki hubungan dengan negara Malaysia termasuk akta kelahirannya, ayahnya, kakeknya (dari pihak ayahnya) serta konfirmasinya mengenai jalur keturunan Malaysia.

Tetapi dari hasil penelusuran, pemain ini memiliki darah Malaysia melalui nenek moyang (ibu dari kakek pemain) yang lahir di Singapura pada tanggal 24 Juni 1893, Singapura saat itu merupakan bagian dari Malaysia.

BACA JUGA : Otoritas Jasa Keuangan Bakal Larang Pencairan Dana Pensiun Sebelum Usia Kepesertaan Menginjak 10 Tahun

Untuk mendapatkan konfirmasi resmi mengenai kelayakan pemain tersebut, FAM pada 23 September 2024 mengirimkan surat kepada FIFA untuk meminta pendapat FIFA mengenai status pemain tersebut yang ingin mewakili Malaysia melalui darah leluhurnya.

FIFA melalui surat tertanggal 25 September 2024 telah memberikan tanggapan mengenai hal ini dan menyatakan.

“Sayangnya, kewarganegaraan leluhur pemain di luar kakek-neneknya (yaitu, kakek buyut pemain atau leluhur) tidak memberikan pemain kemungkinan untuk memenuhi syarat untuk mewakili tim perwakilan asosiasi Anda, karena daftar yang ditetapkan dalam pasal 8 ayat 1 huruf c) RGAS (Regulations Governing The Application Of The Statutes) sudah lengkap,” ujar FIFA.

Berdasarkan jawaban FIFA, FAM menegaskan bahwa pemain tersebut tidak bisa mewakili timnas Malaysia karena darah Malaysianya berasal dari nenek moyangnya (ibu pemain hingga kakek pemain) dan tidak setingkat dengan kakek atau nenek pemain sebagaimana ketentuan FIFA.

Pasal 8 Statuta FIFA terkait kelayakan seorang mewakili tim nasional, RGAS, menyebutkan setiap pemain dapat mewakili suatu negara jika pemain tersebut memenuhi syarat-syarat berikut.

Pertama, pemain tersebut lahir di negara tersebut; atau kedua, ibu dan ayah pemain lahir di negara tersebut; atau ketiga, kakek dan nenek pemain lahir di negara tersebut; atau keempat, pemain tersebut tinggal di negara tersebut selama lebih dari lima tahun.

Leave a Reply