Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

DPUPR dan TP PKK Minta Masyarakat Jaga Ketersediaan Air Bersih dan Kelola Limbah Domestik

Foto : DPUPR dan TP PKK Minta Masyarakat Jaga Ketersediaan Air Bersih dan Kelola Limbah Domestik

Pekalongan, mataberita.net — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan bersinergi dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Tak lain dalam menyosialisasikan penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah domestik di Aula DPUPR setempat, pada Kamis (27/06/2024). Ketua TP PKK Inggit Soraya mengungkapkan. Melalui kegiatan ini para ibu PKK diajak untuk menyosialisasikan ke masyarakat untuk menjaga ketersediaan air bersih.

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

“Kota Pekalongan bini kota kecil yang sumber airnya dari sumur tanah, dan bagaimana upaya kita bersama agar air tak tercemar,” terang Inggit. Menurutnya, peran ibu PKK sangat diperlukan. Mereka harus diberi pengetahuan agar sama-sama menjaga lingkungan. Sementara itu Sekretaris DPUPR Rizka Septia Wulandari menjelaskan. Kerjasama dengan PKK sudah mulai sejak 2023 terkait sosialisasi air bersih dan pengelolaan limbah domestik ini.

Foto : DPUPR dan TP PKK Minta Masyarakat Jaga Ketersediaan Air Bersih dan Kelola Limbah Domestik

“Dengan topografi perkotaan, kita tidak punya sumber mata air baku dan air bersih. Jadi murni sumber dari dalam sumur pamsimas untuk memenuhi kebutuhan warga dan industri. Bisa dibayangkan berapa banyak yang legal maupun ilegal,” terang Rizka. Dia memohon untuk disosialisasikan di kelurahan dan di kecamatan pentingnya untuk menjaga alam.

Foto : DPUPR dan TP PKK Minta Masyarakat Jaga Ketersediaan Air Bersih dan Kelola Limbah Domestik

Kebutuhan air bersih juga dari PDAM tapi sama juga dari sumur dalam dan kerjasama SPAM Petanglong. Sehingga akan semakin banyak sumur dalam. Ada 500 yang resmi yang ilegal sangat banyak. “Isu penurunan muka tanah salah satunya akibat adanya sumur dalam. Pemanfaatan air yang tidak terkendali semakin menambah penurunan muka tanah,” beber Rizka. Cara pengendaliannya salah satunya dengan pemanfaatan sumur biopori.

Foto : DPUPR dan TP PKK Minta Masyarakat Jaga Ketersediaan Air Bersih dan Kelola Limbah Domestik

Terkait limbah domestik, Rizka menekankan upaya untuk memastikan tidak ada aktivitas BAB secara sembarangan dan terselubung.

Leave a Reply