Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Dinilai Sosok Pemimpin Penuh Pengabdian, Yasonna Dianugerahi Gelar Kehormatan Mangngassai Daeng Kulle

Foto : Dinilai Sosok Pemimpin Penuh Pengabdian, Yasonna Dianugerahi Gelar Kehormatan Mangngassai Daeng Kulle

Makassar, mataberita.net — Dewan Adat Kerajaan Gowa menganugerahkan gelar kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly pada Jumat (14/06/2024). Menteri Yasonna Laoly dianugerahi gelar kehormatan Mangngassai Daeng Kulle sebagai tanda pengakuan menjadi keluarga besar Kerajaan Gowa dan Masyarakat Adat Gowa. Yang mana berlangsung di acara peresmian gedung baru Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel). Pasalnya dia dinilai sebagai sosok pemimpin yang penuh pengabdian.

Pemberian gelar adat Kerajaan Gowa itu ditandai dengan penyerahan piagam penganugerahan gelar yang diberikan oleh Raja Gowa ke-38 PYM Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikusaid Batara Gowa. Pada penganugerahan gelar itu, Yasonna mengenakan pakai adat khas Sulawesi Selatan. Yakni jas tutup berwarna hitam dan sarung berwarna kuning emas dilengkapi dengan songkok guru. Raja Gowa ke-38 mengatakan. Gelar Mangngassai Daeng Kulle yang diberikan kepada Yasonna merupakan bentuk kehormatan dan pengakuan menjadi bagian keluarga dan masyarakat Adat Gowa.

Raja Gowa ke-38 pun menjelaskan. Penganugerahan gelar Mangngassai Daeng Kulle memiliki makna sebagai pemimpin yang mampu mengambil keputusan atau kebijakan yang baik dan tepat serta menampung aspirasi masyarakat. Sehingga diharapkan mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya. Gelar tersebut berarti Yasonna membuat keputusan mengangkat seseorang dalam tugas dan pengabdian kepada masyarakat dan dinilai telah melibatkan lembaga-lembaga masyarakat sebagai bagian dari pengambilan keputusan. Dia juga dinilai selalu bermusyawarah dengan pejabat lainnya.

“Berdasarkan keputusan Dewan Adat Kerajaan Gowa menganugerahkan gelar Mangngassai Daeng Kulle keplada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly sebagai tanda pengakuan menjadi keluarga besar Kerajaan Gowa dan Masyarakat Adat Gowa,” ungkap Andi Kumala Idjo. Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghormatan dan penganugerahan gelar yang diberikan Kerajaan Gowa kepada dirinya dan resmi menjadi bagian dari keluarga besar adat Gowa.

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

”Terima kasih atas sambutan yang sangat besar dan saya sudah menjadi bagian keluarga besar kerajaan Gowa,” ungkap Yasonna. Menurutnya, penganugerahan gelar yang diterima bukan hanya sebagai nama atau julukan tapi pentingnya adalah menjadi tanggung jawab apalagi mengingat filosofi dari gelar tersebut. “Penganugerahan gelar bangsawan tersebut adalah suatu kehormatan besar bagi saya. Makna dari gelar ‘Mangngassai Daeng Kulle’ adalah orang yang dapat membuat keputusan yang tepat,” terusnya.

“Makna dari nama dan gelar tersebut dalam Bahasa Makassar bermakna. Bahwa dalam membuat keputusan mengangkat seseorang dalam melaksanakan tugas dan pengabdian melayani masyarakat. Terima kasih Paduka Yang Mulia Andi Kumala Idjo atas kehormatan yang diberikan kepada saya. Semoga saya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab saya kepada masyarakat, bangsa, dan masyarakat dengan baik dan amanah. Apalagi filosofinya tadi menjadi pemimpin yang dapat mengambil keputusan yang baik dan tepat juga menampung aspirasi masyarakat, demokratis dan ini menjadi sangat penting terutama di masyarakat kita saat ini,” pungkas Pria bermarga Laoly itu.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply