Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Deretan Provinsi Terbaru di Sumatera Utara yang Siap Dimekarkan

Foto : Deretan Provinsi Terbaru di Sumatera Utara yang Siap Dimekarkan

Sumatera, mataberita.net — Provinsi paling utara di Sumatera diwacanakan akan segera dimekarkan menjadi 3 provinsi baru. Wacana pemekaran muncul tiga calon provinsi baru yang diusulkan untuk terbentuk dari wilayah Sumatera Utara (Sumut). Nantinya juga sudah diresmikan, 3 provinsi baru ini akan membawa beberapa kabupaten untuk menjadi bagian wilayahnya dan ikut pisah dengan Sumut. Saat ini luas wilayah Sumatera Utara mencapai 72.981,23 km2. Adapun deretan provinsi terbaru yang siap dimekarkan yaitu Tapanuli, Sumatera Tenggara dan Kepulauan Nias.

Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Maka dari itu Sumatera Utara menjadi provinsi dengan populasi penduduk terbanyak di Pulau Sumatera. Berikut ini nama calon Provinsi baru beserta Kabupaten yang akan ikut.

  1. Provinsi Tapanuli

Provinsi Tapanuli direncanakan akan memiliki Ibukota di Siborong-borong, Tarutung, atau Kota Sibolga. Saat ini luas wilayahnya calon provinsi ini mencapai 12.708 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1,36 juta jiwa pada tahun 2023. PDRB per kapita provinsi ini diperkirakan sebesar Rp 38,87 juta, lebih rendah dari PDRB per kapita provinsi-provinsi yang ada di Sumatera saat ini. Provinsi Tapanuli akan terdiri dari lima kabupaten/kota, yaitu:

-Kabupaten Tapanuli Utara

-Kabupaten Tapanuli Tengah

-Kabupaten Humbang Hasundutan

-Kabupaten Toba Samosir

-Kota Sibolga

BACA JUGA : Yukz Tanya : Pernikahan Beda Agama Dianggap Tradisi Biasa, Boleh Kan?

  1. Provinsi Sumatera Tenggara

Provinsi Sumatera Tenggara rencananya akan memilih Kota Padang Sidempuan sebagai pusat pemerintahan. Luas wilayahnya mencapai 18.768 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1,58 juta jiwa pada tahun 2023. Provinsi Sumatera Tenggara akan terdiri dari lima kabupaten/kota, yaitu:

-Kabupaten Tapanuli Selatan

-Kabupaten Padang Lawas

-Kabupaten Padang Lawas Utara

-Kabupaten Mandailing Natal

-Kota Padang Sidempuan

PDRB per kapita provinsi ini diperkirakan sebesar Rp 48,27 juta, sedikit lebih besar dari PDRB per kapita Provinsi Lampung yang sebesar Rp 48,19 juta.

  1. Provinsi Kepulauan Nias

Ibukota Provinsi Kepulauan Nias direncanakan berada di Kota Gunung Sitoli. Luas wilayahnya mencapai 5.345 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 904.000 jiwa pada tahun 2023.

-Kabupaten Nias

-Kabupaten Nias Utara

-Kabupaten Nias Barat

-Kabupaten Nias Selatan

-Kota Gunung Sitoli

Ibukota Provinsi ini PDRB per kapita provinsi ini diperkirakan sebesar Rp 29,13 juta, jauh lebih rendah dari PDRB per kapita provinsi-provinsi di Sumatera saat ini. Jika pemekaran ini terealisasi, maka Provinsi Sumatera Utara akan tersisa dengan 17 kabupaten/kota. Dengan sisa luas wilayah sekitar 36.160 km2 dan jumlah penduduk mencapai 11,62 juta jiwa pada tahun 2023.

 

 

 

 

Leave a Reply