Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Badan Pangan Nasional Mengamini Harga Beras di Indonesia Tinggi

Foto : Badan Pangan Nasional Mengamini Harga Beras di Indonesia Tinggi

Jakarta, mataberita.net — Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengamini harga beras di Indonesia tinggi. Menurut Bapanas, hal ini justru positif untuk petani.

Hal ini katanya, menjadi masa-masa membahagiakan petani.

“Harga beras di dalam negeri saat ini tinggi. Tapi memang biaya produksinya juga sudah tinggi,” tutur Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas Rachmi Widiriani usai acara Indonesia International Rice Conference (IIRC) 2024 di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Badung, pada Kamis (19/09/2024).

“Petani juga berhak mendapatkan keuntungan. Saat ini sebetulnya saat-saat yang membahagiakan petani, karena harga gabah mereka dibeli di atas HPP (Harga Pembelian Pemerintah),” ucapnya

BACA JUGA : Pertamina Patra Niaga Semakin Perkuat Perannya Dukung Pemerintah Kurangi Emisi Karbon di Sektor Penerbangan

Dia pun mengatakan Nilai Tukar Petani (NTP), khususnya dalam tanaman pangan, juga dalam kondisi baik. Bahkan, lanjut Rachmi, NTP saat ini merupakan yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

“Jadi kita juga lihat NTP petani, khususnya tanaman pangan saat ini juga bagus,” katanya.

Tetapi, Rachmi menegaskan pemerintah harus hadir agar harga beras bisa stabil. Ia ingin petani mendapatkan keuntungan, sementara warga juga bisa membeli beras berkualitas dengan harga murah.

“Pemerintah harus hadir di tengah-tengah. Petani mendapatkan harga bagus, kemudian masyarakat konsumen dapat mengakses beras dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik,” ujarnya.

Bertalian dengan itu, lanjut Rachmi, perlu ada perbaikan benih padi yang ditanam petani. Menurutnya, benih yang bagus akan meningkatkan produktivitas

“Dengan efisiensi, produktivitas naik, petani akan mendapatkan dua keuntungan, harga bagus, kemudian penghasilan yang bagus, produksinya tinggi, lama-lama harga akan stabil. Kita tunggu saja, semoga perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan dan sedang dilakukan saat ini bisa terus meningkatkan produktivitas petani,” imbuhnya.

Harga beras di Indonesia saat ini memang cukup tinggi. Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis, rata-rata harga beras nasional per Jumat (20/09/2024) ini mencapai Rp15.350 per kg.

Harga itu melambung dibanding awal tahun lalu yang masih Rp14.550 per kg.

Leave a Reply