Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Ari Ungkap Sejumlah Strategi Untuk Menjamin Data Pelanggan di Aplikasi

Foto : Ari Ungkap Sejumlah Strategi Untuk Menjamin Data Pelanggan di Aplikasi

Jakarta, mataberita.net — Direktur Utama PT PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengungkap sejumlah strategi untuk menjamin data pelanggan di aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh anak usaha PT PLN (Persero) itu tetap aman.

Salah satunya, ia mengungkap pihaknya berupaya untuk meningkatkan kinerja dari sisi pengamanan data, teknologi, penyiapan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), hingga proses bisnis terkait dengan pengelolaan data.

“Ini yang kami terus bangun, itu secara governance dan sistem. Kemudian juga secara people capabilities dalam pengelolaan data yang itu kita bangun,” ucap Ari di Swiss-Belresort Belitung, Tanjung Binga, Kepulauan Bangka Belitung, pada Senin (22/07/2024).

“Kemudian tentunya yang tidak kalah penting adalah kita juga belajar dari kejadian-kejadian cyber security attack atau incident adalah backup data. Jadi backup data ini juga sangat penting yang tentunya Icon pun juga sangat concern di sini,” ujarnya.

BACA JUGA : Faisal Minta Pemerintahan Prabowo-Gibran Libatkan UMKM Dalam Program Makan Bergizi Gratis

Terkait backup data, Ari menjelaskan PLN Icon Plus adalah perusahaan berbasis pengelolaan data untuk sistem PLN.

Ia mengungkap pihaknya memiliki data center yang dibangun untuk menjadi solusi bisnis dan sudah digunakan oleh pihak publik di luar PLN untuk menempatkan data.

Dengan tren adanya teknologi cloud, pihaknya pun juga membangun kolaborasi dengan penyedia cloud.

“Artinya kombinasi antara cloud dengan kami namakan on-premise atau jadi hybrid. Cloud dengan on-premise ini menjadi satu solusi yang kita offer, kita bawa juga itu ke public areas. Ini solusi adalah pengamanan datanya,” tutur Ari lebih lanjut.

Ari juga mengatakan ada solusi-solusi backup data lainnya, misalnya server dalam bentuk hardware. Di samping itu, ia juga berupaya untuk melakukan kolaborasi demi membangun kompresi dan analitik data yang juga dibutuhkan untuk backup agar menjadi lebih efisien.

“Jadi yang pertama adalah infrastruktur data centernya. Kemudian solusi hybrid antara infrastruktur data center dengan cloud. Kemudian yang ketiga adalah dari sisi pengelolaan datanya, dari sisi pengemasan data, dan juga analitik data, ini yang kita bangun untuk solusi ke publik,” pungkas dia.

Leave a Reply