Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Alasan Harga emas Dunia Capai Level Tertinggi Sepanjang Sejarah

Foto : Alasan Harga emas Dunia Capai Level Tertinggi Sepanjang Sejarah

Jakarta, mataberita.net — Harga emas dunia capai level tertinggi sepanjang sejarah pada Selasa (17/09/2024). Berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX, harga emas kemarin sempat menyentuh US$2.613,3 sebelum turun ke US$2.604,1 per troy ons.

Sedangkan, pada perdagangan spot harga emas melemah 0,25 persen ke US$2.576 per troy ons pada hari yang sama.

Analis Pasar Lukman Leong mengatakan kenaikan emas disebabkan oleh perkiraan Bank Sentral AS The Federal Reserves (The Fed) bakal memangkas suku bunga lebih tinggi dari perkiraan awal yakni menjadi 50 basis poin (bps).

“Kenaikan sepekan ini dipicu oleh meningkatnya harapan pemangkasan suku bunga oleh the Fed yang telah naik hingga hampir 70 persen,” tutur Lukman, pada Rabu (18/09/2024).

Senada, Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan tingginya harga emas dunia seiring dengan spekulasi penurunan suku bunga acuan bank sentral AS (The Fed).

Menurut dia, para investor berekspektasi The Fed bakal menurunkan suku bunga secara agresif. Hal ini seiring dengan penurunan suku bunga di Eropa.

Sementara, penurunan suku bunag di Eropa mengindikasikan perekonomian di Benua Biru yang mulai membaik.

“Ini membuat spekulan, investor besar kembali melakukan pembelian logam mulia,” ucap Ibrahim melalui keterangan tertulis.

BACA JUGA : Kementerian Kelautan dan Perikanan Ungkap Soal Asal-usul Susu Ikan

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memprediksi pemangkasan suku bunga The Fed dilakukan mulai bulan ini.

BI memproyeksi suku bunga The Fed bakal turun sebanyak dua kali lagi hingga akhir tahun ini. Hal ini sejalan dengan kondisi inflasi di negeri Paman Sam tersebut.

Pertama, sebesar 25 bps pada September dan kedua sebesar 25 bps juga pada November atau Desember 2024.

“Dua kali tahun ini, jadi masing-masing 25 bps baseline-nya,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi Pers, pada Rabu (21/08/2024).

Untuk tahun depan, The Fed diperkirakan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali.

“Tahun depan, FFR (Fed Fund Rate) kami perkirakan subjek ke data baseline kami 3 kali masing-masing 25 bps, 25, bps, dan 25 bps. Timing-nya bisa di kuartal I, bisa di kuartal II,” imbuh Perry.

Leave a Reply