Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Arif Budimanta Buka Suara Soal Pendapat Pakar Sebut Gen Z dan Milenial di Prediksi Miskin Gegara Tren Doom Spending

Foto : Arif Budimanta Buka Suara Soal Pendapat Pakar Sebut Gen Z dan Milenial di Prediksi Miskin Gegara Tren Doom Spending

Jakarta, mataberita.net — Staf khusus presiden bidang ekonomi Arif Budimanta buka suara soal pendapat pakar yang menyebut generasi Z dan milenial diprediksi miskin gegara tren doom spending.

Doom spending terjadi ketika seseorang berbelanja tanpa berpikir untuk menenangkan diri karena pesimis terhadap ekonomi dan masa depan.

Arif menilai, laporan itu masih merupakan proyeksi. Dia juga yakin Gen Z bisa mengelola keuangan dengan baik dan bertanggung jawab.

“Dari saya memiliki keyakinan Gen Z itu, kan, pendidikannya baik. Mereka lebih accountable (bertanggung jawab), ya, dalam mengelola pengeluaran,” tutur Budi di Banyuwangi, pada Jumat (27/09/2024).

Dia lalu berujar, “Karena lebih accountable, jadi spending-nya (menghabiskan), kan, lebih baik. Saya yakin lah itu.”

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Nur Budi Handayani punya penilaian tak jauh beda.

Budi mengatakan, tren doom spending terkait pola gaya hidup Gen Z dan milenial.

Meski begitu, Budi meyakini, generasi itu melek literasi keuangan dan akan memperhitungkan masa tua.

BACA JUGA : Kemenkeu Ungkap Cara Bayar Utang Jatuh Tempo di Awal Pemerintahan Prabowo Subianto

“Saya yakin suatu saat jadi gaya hidup mereka jaminan sosial, kesehatan, pekerjaan. Jadi mereka sudah memperhitungkan masa tuanya akan seperti apa,” ucap dia.

Frasa doom spending sedang menjadi perbincangan publik belakangan ini.

Dosen senior keuangan di King’s Business School Ylva Baeckström mengatakan, tren doom spending terjadi karena generasi Z terus-menerus menerima berita buruk dan merasa seperti kiamat.

“Anak-anak muda itu, kemudian menerjemahkan perasaan yang buruk menjadi kebiasaan belanja yang buruk,” ungkap dia

Imbas perilaku doom spending, Baeckström menduga, generasi Z dan milenial akan menjadi lebih miskin dibanding generasi sebelumnya.

Prediksi Baeckström sejalan dengan Survei Keamanan Finansial Internasional CNBC yang dilakukan oleh Survey Monkey kepada 4.342 orang dewasa di seluruh dunia.

Hasil survey menunjukkan hanya 36,5 persen orang dewasa merasa lebih baik secara finansial daripada orang tua mereka. Sementara itu, 42,8 persen sisanya merasa mereka sebenarnya lebih buruk dari orang tua mereka.

Perilaku doom spending juga terlihat dari Survei Intuit Credit Karma pada November 2023 dan melibatkan lebih dari 1.000 koresponden.

Hasil survei menunjukkan 96 persen orang AS khawatir soal situasi ekonomi saat ini dan lebih dari seperempatnya menghabiskan uang untuk mengatasi stres.

Leave a Reply