Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Budi Karya Sumadi Berkomentar Terkait Rencana Penurunan Harga Tiket Pesawat Sebesar 10 Persen

Foto : Budi Karya Sumadi Berkomentar Terkait Rencana Penurunan Harga Tiket Pesawat Sebesar 10 Persen

Jakarta, mataberita.net — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkomentar soal rencana penurunan harga tiket pesawat sebesar 10 persen meski hal tersebut bergantung pada keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Tetapi, ia menekankan harga tiket pesawat tak bisa langsung ditentukan turun berapa persen. Terlebih, ada poin-poin yang dianggap dilema dengan Kemenkeu.

“Prosesnya (pembahasan penurunan tiket pesawat) harus dilakukan. Ada empat yang saya sampaikan dalam usulan saat rapat dengan Pak Menko Marves (Luhut Binsar Pandjaitan),” tutur Budi di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, pada Senin (09/09/2024).

“Pertama, berkaitan dengan pajak-pajak alat dan suku cadang. Itu prinsipnya sudah disetujui dan sedang dilakukan upaya perbaikan di Kementerian Keuangan,” lanjutnya.

Kedua, Budi menyinggung perdebatan masalah avtur. Ia menekankan masalah bahan bakar pesawat juga sudah dibawa ke dalam rapat.

Ia menegaskan tidak boleh ada monopoli dalam penyediaan avtur, melainkan multiprovider. Ini juga didasarkan pada rekomendasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Ketiga, Budi menyoroti soal pajak pertambahan nilai (PPN) dalam tiket pesawat, salah satunya untuk avtur. Ia menegaskan negara lain tak ada yang menari pungutan serupa Indonesia.

“Namun demikian, dalam diskusi kami dengan menteri keuangan (Menkeu Sri Mulyani), kami mengerti bahwa apabila PPN itu dihilangkan, maka ada PPN yang lain juga harus dihilangkan,” katanya.

“Jadi, memang dilematis untuk hal PPN itu,” ucap Budi.

Keempat, pemerintah akan mengkaji cost atau biaya lain yang timbul selama ini.

Ia mengatakan hal yang paling mungkin ditempuh negara adalah poin nomor satu, yakni penurunan atau pembebasan pajak dan alat suku cadang pesawat. Selain itu, pembahasan soal menekan biaya avtur.

“Ya mungkin (bisa turun) 10 persen (harga tiket pesawat), tapi kita masih menunggu lagi final dari kedua hal tersebut,” imbuh Budi.

“Ya kalau keputusan itu jalan, ya menurun (harga tiket pesawat). Kalau enggak, ya gak bisa turun,” pungkasnya.

Leave a Reply