Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

6 Tahun Kasus Pembunuhan Vina dan Eky Belum Terungkap, Ini Profil Kapolres yang Jabat

Foto : Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar

Cirebon, mataberita.net — Kasus pembunuhan pasangan kekasih Vina dan Eki yang terjadi di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016 silam, kembali mencuat ke publik. Mencuatnya kasus itu tak lepas setelah kontroversi film layar lebar berjudul Vina : Sebelum 7 Hari. Film itu mencoba mereka ulang kejadian pembunuhan dan pemerkosaan oleh sekelompok pemuda geng motor yang terjadi delapan tahun lalu di Cirebon. Dalam kasus itu ada total 11 tersangka, delapan diantaranya sudah ditangkap polisi bahkan telah divonis pengadilan. Namun, masih ada tiga tersangka lagi yakni Pegi alias Perong, Andi dan Dani, yang sampai saat ini masih belum ditangkap dan menjadi buronan.

Setelah kasus pembunuhan Vina Cirebon itu kembali ramai karena film, pihak kepolisian menegaskan apabila kasus tersebut masih belum ditutup. Aparat juga mengaku masih terus mengejar ketiga pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Kasus yang semula diproses di Polres Cirebon Kota lalu ditarik ke Polda Jabar. Bahkan, Bareskrim pun sampai turun tangan. Nama Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar jadi sorotan. Dia adalah Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta dan jenderal termuda. Namanya muncul lagi seiring viralnya kasus pembunuhan Vina Cirebon pada Sabtu (27/08/2016)  silam.

Saat peristiwa itu terjadi, Adi Vivid berpangkat AKBP dan menjadi Kapolres Cirebon Kota, Jawa Barat 2016-2018. Meski kasus Vina Cirebon terungkap, namun saat itu belum berhasil menangkap tiga pelaku lainnya. Egi alias Perong, Dani, dan Andi masih buron sampai saat ini. Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar yang kini Wakapolda DIY merupakan putra dari mantan Kapolri era Presiden Megawati Soekarnoputri, Jenderal Pol (purn) Da’i Bachtiar. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Sosok jenderal polisi termuda ini juga pernah mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 silam.

BACA JUGA : Duka Terpahit Dilewati Kris, Tolak Ukur Sukses Berbeda – Beda

Pria kelahiran 2 Agustus 1977 ini adalah lulusan Akpol 1998 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Berikut riwayat jabatannya, dikutip dari Wikipedia:

– Pamapta II Polres Cimahi Polda Jabar

– Kanit Curanmor Satreskrim Polres Cimahi Polda Jabar

– Kanit Patwal Satlantas Polres Bandung Barat Polda Jabar

– Wakapolsek Bandung Wetan Polres Bandung tengah Polda Jabar

– Kapolsek Padalarang Polres Cimahi Polda Jabar

– Kapolsektif Majalaya Polres Cimahi Polda Jabar

– Kapolsekta Wonokromo Polresta Surabaya Selatan Polda Jatim

– Kasat Reskrim Polres KPPP Tanjung Perak Polda Jatim

– Kanit Moneter Perbankan Subdit Ekonomi Polda Jatim

– Kanit Ekspor Impor Subdit Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jatim

– Kasat Binmas Polreta Bekasi Kota

– Kapolsek Metro Taman Sari Polrestro Jakarta Barat Polda Metro Jaya

– Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya

– Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2016)

– Kapolres Tegal Polda Jateng (2016)

– Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar (2016)

– Wakapolres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya (2018)

– Pamen SSDM Polri (Penugasan di Setmilpres Kemsetneg sebagai Ajudan Presiden RI) (2019)

– Dirtipidsiber Bareskrim Polri (2022)

Brigjen Adi pernah menerima penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya, saat puncak perayaan HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu (01/07/2023). Penghargaan itu disematkan oleh Presiden Jokowi. Selain Adi, 3 polisi lainnya juga mendapatkannya, mereka adalah Kombes Anissulah M Ridha, AKP Susianti Barselah dan Aiptu Zunaidi Sembiring. Keputusan penyematan penghargaan tersebut tertuang dalam Keppres Republik Indonesia Nomor 40/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.

“Menganugerahkan penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya kepada mereka yang pangkat nama dan jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan anggota Polri yang berjasa besar dengan keberanian kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa dalam memenuhi panggilan kewajiban yang disumbangkan untuk kemajuan dan pengembangan kepolisian atau tidak pernah cacat selama bertugas di kepolisian,” kata Sekretaris Militer Presiden Laksma TNI Hersan.

 

 

 

Leave a Reply