Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Kemenperin Catat Penurunan Jumlah Tenaga Kerja di Industri Tekstil Sebesar 7,5 Persen

Foto : Kemenperin Catat Penurunan Jumlah Tenaga Kerja di Industri Tekstil Sebesar 7,5 Persen

Jakarta, mataberita.net — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat penurunan jumlah tenaga kerja di industri tekstil sebesar 7,5 persen pada 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

Di samping itu, jumlah tenaga kerja di sektor industri pakaian jadi (wearing apparels) pun menurun 0,85 persen (yoy) pada 2024.

“Jadi jumlah tenaga kerja pada sektor industri tekstil dan industri pakaian jadi pada 2024 mengalami penurunan dibanding pada 2023. Tenaga kerja pada sektor industri tekstil mengalami penurunan sebesar 7,5 persen dan sektor industri pakaian jadi mengalami penurunan 0,85 persen dibanding pada tahun 2023,” tutur Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Adie Rochmanto Pandiangan dalam diskusi publik INDEF secara daring bertajuk ‘Industri Tekstil Menjerit, PHK Melejit’, pada Kamis (08/08/2024).

Dalam data yang ia paparkan, jumlah tenaga kerja sektor tekstil tersisa 957.122 orang pada 2024. Jumlah ini turun drastis dibanding pada 2015 yakni sebanyak 1.248.080 orang.

Sementara jumlah pekerja industri pakaian jadi pada 2024 adalah sebanyak 2.916.005 orang. Meski mengalami penurunan 0,85 persen dibanding tahun lalu, jumlah tenaga kerja di sektor ini meningkat dibanding pada 2015 yang sebanyak 2.167.426 orang.

Adie pun mencatat kontribusi tenaga kerja pada sektor industri tekstil sebesar 15,4 persen dan pada sektor industri pakaian jadi 5,1 persen pada 2024. Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kontribusi tenaga kerja pada 2023.

BACA JUGA : Luhut Ucapkan Salam Perpisahan Kepada Jokowi Jelang Masa Jabatannya Selesai

“Kita bisa lihat dan sesuai dengan keadaan pasar bahwa, kalau kita hubungkan dengan PHK (pemutusan hubungan kerja) dan sebagainya memang mengalami penurunan,” kata Adie lebih lanjut.

Tertekannya sektor tekstil juga terlihat dari rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Kemenperin pada Juli 2024. Sektor tekstil mengalami kontraksi selama dua bulan berturut-turut, yakni pada Juni hingga Juli, setelah sebelumnya ekspansif pada April-Mei.

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) mengungkapkan ada ratusan buruh dibayangi ancaman PHK. Presiden KSPN Ristadi menyatakan terdapat lebih dari 700 pekerja di empat perusahaan yang terkena PHK.

Di samping itu, ada 500 buruh yang terancam PHK pada Agustus mendatang.

“Itu sekitar Agustus sudah ada perusahaan yang menyampaikan ke saya mau PHK pekerja sekitar 500-an orang,” ujar Ristadi, pada Jumat (26/07/2024).

Kondisi industri tekstil belakangan sedang tidak baik-baik saja. Kabar pemangkasan terbaru tersebut menambah daftar PHK di industri tekstil yang sudah terjadi tahun ini.

KSPN mencatat sekitar 13.800 buruh tekstil sudah terkena PHK dari Januari 2024 hingga awal Juni 2024 imbas masalah itu. PHK yang terjadi di Jawa Tengah lebih masif. Ia mencatat pabrik-pabrik yang terdampak, misalnya di grup Sritex.

Ia mencontohkan tiga perusahaan di bawah grup Sritex yang mem-PHK sejumlah karyawannya. Ada PT Sinar Pantja Djaja di Semarang, PT Bitratex di Kabupaten Semarang, dan PT Djohartex yang ada di Magelang.

Leave a Reply