Home Daerah Nasional Internasional Ekonomi Infografis Sastra Science Olahraga Otomotif Teknologi Mataberita TV
Info Terkini : PT. Mata Digital Internasional, www.mataberita.net, independent dalam berita | PT. Mata Digital Internasional melalui website www.mataberita.net melayani Jasa Produksi dan Penayangan Film, Company Profile, Dokumenter, Talkshow, Monolog dan TVC | Selain itu juga melayani Management Artis, Penyanyi, Chef, Aktor, Aktris, Band dan lainnya | Kami juga melayani Konsultasi Hukum, Manajemen, Broadcasting dan lainnya | Ditambah pula melayani Pelatihan Berbagai Bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, Jerman, Korea, Jepang, Mandarin, Arab dan sebagainya | Tak ketinggalan pun melayani Pelatihan atau Diklat Jurnalistik, Bahasa, Broadcasting, Public Speaking, Design, Desain Grafis, Editing, IT, Hukum dan sebagainya | Nah... Kami juga menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti Pempek Palembang, Kue Semprong, Thai Tea, Green Tea, Espresso, Cappucino, Americano dan masih banyak lagi | Yang suka berbusana Batik khas Pekalongan juga bisa memesan ke Kami yaaa... | Alami kendala Kompor Gasnya juga bisa dilayani oleh Kami | So kunjungi terus website kami di www.mataberita.net | Upz sampai lupa deh, hubungi Kami bisa ke (021) 89229850 atau bisa datang ke Jl. Kav. H. Umar II no 319, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi yaaa...| Kami juga melayani by seluler WhatsApp dengan menugaskan PIC Ayu Yulia Yang di 08567971900 | Percayakan Kami sebagai Mitra, Partner dan Relasi Anda...

Serikat Nelayan Indonesia Ungkap Ikan Petek di Anggap Kurang Bernilai

Foto : Serikat Nelayan Indonesia Ungkap Ikan Petek di Anggap Kurang Bernilai

Jakarta, mataberita.net — Serikat Nelayan Indonesia (SNI) mengungkap ikan petek dianggap kurang bernilai, bahkan disebut ikan ‘sampah’. Ikan petek merupakan bahan baku susu ikan yang digadang-gadang sebagai alternatif susu sapi dalam program Makan Bergizi Gratis (MBG).

Sekretaris Jenderal SNI Budi Laksana menyebut harga ikan petek berkisar antara Rp6.000 hingga Rp8.000 per kilogram (kg). Ikan ini umumnya dikonsumsi oleh masyarakat kalangan bawah.

“Ikan petek harganya hanya Rp8.000 per kilo bahkan Rp6.000 per kg. Karena ikan ini memang dikonsumsi oleh kalangan bawah atau digesek (diasinkan)” tuturnya, pada Kamis (19/09/2024).

Ia menuturkan petek kerap dianggap ikan ‘sampah’ karena biasa digunakan sebagai umpan rajungan, pakan ternak, dan bahan ikan asinan.

“Ikan petek itu ikan sampah sebenarnya. Dia sebagai umpan bagi para nelayan penangkap rajungan dan juga sebagai pakan ternak,” tegasnya.

Menurutnya, pemanfaatan ikan petek sebagai bahan baku pembuatan susu ikan merupakan inovasi berkelanjutan yang bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Inovasi yang terbarukan dalam pengembangan protein masyarakat Indonesia dengan susu ikan. Ikan yang tidak sebatas daging tetapi hasil ekstraksi yang bisa meningkatkan pendapatan para nelayannya,” katanya.

Budi menambahkan selain ikan petek, ada juga ikan tuna dan ikan cod yang bisa dijadikan alternatif bahan pembuatan susu ikan.

“Selain ikan petek, itu ada ikan tuna, ikan cod yg juga bisa dijadikan bahan susu,” ucapnya.

BACA JUGA : Kementerian Kelautan dan Perikanan Ungkap Soal Asal-usul Susu Ikan

Susu ikan tengah menjadi sorotan lantaran digadang-gadang menjadi alternatif susu sapi yang akan digunakan dalam program Makan Bergizi Gratis (MBG).

Susu ikan merupakan salah satu produk turunan dari hidrolisat protein ikan (HPI). Jadi, susu ikan bukan dari susu yang diperah dari ikan tetapi dari daging ikan segar yang digiling menjadi bentuk bubuk.

Pabrik HPI terletak di Indramayu, Jawa Barat milik Berikan Bahari Indonesia. Pantauan pada Rabu (18/09/2024) di lokasi pabrik, ikan yang digunakan sebagai bahan dasar HPI adalah ikan petek. Plan Manager Berikan Bahari Fatih mengatakan ikan itu biasanya jarang dibeli masyarakat.

“Ikan datang dari nelayan langsung, fresh. Yang kita pakai ikan petek karena selama ini ikan petek di nelayan enggak dipakai karena enggak ada yang mau beli. Jadi kita buktikan bahwa ikan itu meskipun ikan petek bisa kita olah menjadi bentuk valuable,” ujarnya.

Chief RND and QA PT Berikan Protein Iwa Sudarmawan mengatakan susu ikan masih dipertimbangkan untuk masuk dalam program makan bergizi gratis (MBG). Ia mengatakan pihaknya telah bertemu dengan Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana.

“Kita baru menawarkan ada salah satu program alternatif kemandirian protein. Terkait dipilih atau tidaknya saya belum tau,” katanya.

Iwa mengatakan susu ikan bisa menjadi substitusi sumber protein. Pasalnya selama ini Indonesia katanya cenderung impor sumber protein seperti sapi.

Untuk kapasitas produksinya, sambung Iwa, pihaknya bisa menyediakan susu untuk 165 ribu anak di satu kabupaten dalam sebulan.

“Bila disetujui (masuk MBG) akan dimulai di Indramayu. Di Indramayu sekitar 165 ribu orang untuk satu bulan,” pungkasnya.

Leave a Reply